Pengintegrasian Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kaja-Kelod ke dalam Pembelajaran IPS sebagai Upaya Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP Negeri 1 Gianyar

Main Authors: Darmawan, Anak Agung Gede Agung, Wesnawa, I Gede Astra, Astawa, Ida Bagus Made
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2022
Subjects:
IPS
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/47235
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/47235/22695
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang mengintegrasikan nilai-nilai peduli lingkungan yang terkandung dalam kearifan lokal Kaja-Kelod dalam pembelajaran IPS di SMP dan menganalisis dampak pengintegrasian tersebut terhadap sikap peduli lingkungan siswa. Penelitian dirancang sebagai Penelitian Pengembangan menggunakan Model 4-D yang dimodifikasi menjadi tiga tahap. Uji coba suplemen bahan ajar yang dilakukan pada tahap Develop menggunakan Kelas VIII-B. Pengumpulan data primer menggunakan metode Wawancara, observasi, dan kuesioner. Data sekunder dikumpulkan menggunakan metode pencatatan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga makna kearifan lingkungan yang terkandung dalam kearifan lokal Kaja-Kelod, yaitu arah, zonasi dan tata letak. Nilai-nilai kearifan Lokal Kaja-Kelod yang berkearifan lingkungan dapat diintegrasikan ke dalam bahan ajar untuk materi “Pengaruh konservasi lahan pertanian ke industri dan permukiman terhadap perubahan ruang dan interaksi antarruang”. Penggunaan bahan ajar IPS yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal Kaja-Kelod dalam pembelajaran IPS terbukti dapat meningkatnya sikap peduli lingkungan siswa sebesar 34% (dari rata-rata nilai 51,33 menjadi 85,33) dan secara signifikan teruji dengan t hitung > t tabel (32,781 > 1.98729).