DETERMINASI DISIPLIN BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS V

Main Authors: Negara, I Putu Bagus Juniarta, Suniasih, Ni Wayan, Sujana, I Wayan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2019
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/22243
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/22243/13892
ctrlnum article-22243
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">DETERMINASI DISIPLIN BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS V</title><creator>Negara, I Putu Bagus Juniarta</creator><creator>Suniasih, Ni Wayan</creator><creator>Sujana, I Wayan</creator><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikandisiplin belajar terhadap pemahaman konsep IPS dan besarandeterminasinya (2) pengaruh yang signifikan interaksi sosial terhadappemahaman konsep IPS dan besaran determinasinya (3) pengaruh yangsignifikan disiplin belajar dan interaksi sosial terhadap pemahaman konsepIPS siswa kelas V Gugus I Gusti Ngurah Jelantik Denpasar Utara tahun ajaran2018/2019 dan besaran determinasinya. Jenis penelitian ini adalahpenelitian ex post facto, dengan teknik korelasional. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa kelas V Gugus I Gusti Ngurah Jelantik yang berjumlah264 orang dengan sampel 149 yang ditentukan dengan teknik proposionalrandom sampling. Data pemahaman konsep IPS diperoleh dari tes uraiansedangkan disiplin belajar dan interaksi sosial diperoleh dengan menggunakan angket. Data tersebutdianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda yangsebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisisnya. Analisis data menunjukkan (1) terdapat pengaruhyang signifikan disiplin belajar terhadap pemahaman konsep IPS yang dibuktikan berdasarkan Fhitung =4,389 &gt; Ftabel = 3,91 dengan determinasi sebesar 2,9% (2) terdapat pengaruh yang signifikan interaksisosial terhadap pemahaman konsep IPS siswa yang dibuktikan berdasarkan Fhitung = 4,64 &gt; Ftabel = 3,91dengan determinasi sebesar 3,1% (3) terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar dan interaksisosial terhadap pemahaman konsep IPS yang dibuktikan dengan Fhitung = 4,12 &gt; Ftabel = 3,06 dengandeterminasi sebesar 5,3%. Saran kepada peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan salah saturefrensi dalam bidang pendidikan untuk mendalami objek penelitian yang sejenis.</description><publisher lang="en-US">Universitas Pendidikan Ganesha</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-11-28</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/22243</identifier><identifier>10.23887/mkfis.v18i2.22243</identifier><source lang="en-US">Media Komunikasi FPIPS; Vol 18, No 2 (2019); 87-96</source><source>2714-7800</source><source>1412-8683</source><source>10.23887/mkfis.v18i2</source><language>eng</language><relation>https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/22243/13892</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 Media Komunikasi FPIPS</rights><recordID>article-22243</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Negara, I Putu Bagus Juniarta
Suniasih, Ni Wayan
Sujana, I Wayan
title DETERMINASI DISIPLIN BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS V
publisher Universitas Pendidikan Ganesha
publishDate 2019
url https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/22243
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/22243/13892
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikandisiplin belajar terhadap pemahaman konsep IPS dan besarandeterminasinya (2) pengaruh yang signifikan interaksi sosial terhadappemahaman konsep IPS dan besaran determinasinya (3) pengaruh yangsignifikan disiplin belajar dan interaksi sosial terhadap pemahaman konsepIPS siswa kelas V Gugus I Gusti Ngurah Jelantik Denpasar Utara tahun ajaran2018/2019 dan besaran determinasinya. Jenis penelitian ini adalahpenelitian ex post facto, dengan teknik korelasional. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa kelas V Gugus I Gusti Ngurah Jelantik yang berjumlah264 orang dengan sampel 149 yang ditentukan dengan teknik proposionalrandom sampling. Data pemahaman konsep IPS diperoleh dari tes uraiansedangkan disiplin belajar dan interaksi sosial diperoleh dengan menggunakan angket. Data tersebutdianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda yangsebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisisnya. Analisis data menunjukkan (1) terdapat pengaruhyang signifikan disiplin belajar terhadap pemahaman konsep IPS yang dibuktikan berdasarkan Fhitung =4,389 > Ftabel = 3,91 dengan determinasi sebesar 2,9% (2) terdapat pengaruh yang signifikan interaksisosial terhadap pemahaman konsep IPS siswa yang dibuktikan berdasarkan Fhitung = 4,64 > Ftabel = 3,91dengan determinasi sebesar 3,1% (3) terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar dan interaksisosial terhadap pemahaman konsep IPS yang dibuktikan dengan Fhitung = 4,12 > Ftabel = 3,06 dengandeterminasi sebesar 5,3%. Saran kepada peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan salah saturefrensi dalam bidang pendidikan untuk mendalami objek penelitian yang sejenis.
id IOS2247.article-22243
institution Universitas Pendidikan Ganesha
institution_id 49
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha
library_id 580
collection Media Komunikasi FIS
repository_id 2247
subject_area Komunikasi dan Media
city BULELENG
province BALI
repoId IOS2247
first_indexed 2019-12-11T23:26:04Z
last_indexed 2019-12-11T23:26:04Z
recordtype dc
_version_ 1767112253448912896
score 17.13294