Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar PKn
Main Authors: | Gunawan, I.M.E, Murda, I.N., Margunayasa, I.G. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2019
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/22232 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/22232/13882 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antarakebiasaan belajar dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar PKn siswakelas V SD Gugus I Kecamatan Pupuan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenispenelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan analisis regresi sederhanadan regresi ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDGugus I Kecamatan Pupuan yang berjumlah 118 siswa dengan jumlah sampel91 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner kebiasaan belajar,kuisioner motivasi berprestasi dan pencatatan dokumen untuk data prestasibelajar PKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yangpositif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn,dengan koefisien korelasi sebesar 0,671; 2) terdapat hubungan yang postif dansignifikan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar PKn, dengan koefisienkorelasi sebesar 0,660; dan 3) secara bersama-sama terdapat hubungan yangpositif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi denganprestasi belajar PKn, dengan koefisien korelasi sebesar 0,658. Berdasarkanhasil penelitian, disimpulkan bahwa kebiasaan belajar dan motivasiberprestasi berhubungan dengan prestasi belajar PKn siswa.