SUBSTANSI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI ERA GLOBALISASI

Main Author: Treman, I Wayan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2011
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/1172
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/1172/1035
Daftar Isi:
  • Secara global materi geografi telah masuk dalam kurikulum pembelajaran mulai dari tingkat dasar, menengah dan perguruan tinggi. Dalam pembelajaran dan pemahaman substansi geografi masih belum ada kesamaan persepsi dalam sistem pembelajaran geografi. Perlu penguatan fundamental geografi dan peningkatan substansi geografi berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dalam menghadapi era global. Geografi harus lebih menunjukkan jati diri sebagai ilmu dan mencetak bench marking yang merupakan harapan kompetensi lulusan pendidikan geografi di masa yang akan datang. Upaya pengentasan ketertinggalan geografi di Indonesia dengan menunjukkan jati diri geografi, pemikiran kompetensi dasar, merumuskan indikator pencapaian hasil belajar dan penyusunan materi substansi geografi pokok bagi pendidikan geografi untuk segala tingkatan. Kata-kata Kunci : Substansi Geografi, Globalisasi //