Efektivitas CBIA-Narkoba dalam Peningkatan Pengetahuan Remaja untuk Menolak Narkoba

Main Authors: Rachmawati, Sinta, Suryawati, Sri, Rustamaji, Rustamaji
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty Of Public Health, Hasanuddin University, Makassar , 2018
Subjects:
Online Access: http://journal.unhas.ac.id/index.php/mkmi/article/view/4477
http://journal.unhas.ac.id/index.php/mkmi/article/view/4477/pdf
Daftar Isi:
  • Penyalahgunaan narkoba masih menjadi permasalahan kesehatan yang mendesak di Indonesia. Ceramah menjadi salah satu metode yang paling banyak digunakan untuk memberikan informasi, termasuk bahaya narkoba. CBIA (Cara Belajar Insan Aktif)-Narkoba merupakan metode pendidikan alternatif yang melibatkan diskusi kelompok kecil. Penelitian ini bertujuan menilai efektivitas CBIA-Narkoba dibandingkan dengan metode ceramah dalam peningkatan pengetahuan remaja untuk menolak narkoba. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu dengan rancangan pre test-post test control group design. Partisipan yang terlibat sebanyak 30 responden untuk kelompok CBIA- narkoba, 30 responden untuk kelompok intervensi dan 30 responden untuk kelompok kontrol. Analisis statistika mutivariat (kruskall wallis) digunakan untuk mengetahui efektivitas antara metode CBIA-Narkoba dengan ceramah. Uji beda post test 1 menunjukkan adanya kebermaknaan antar metode (p< 0,05). Artinya CBIA-Narkoba lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan untuk menolak narkoba dibandingkan metode ceramah.