Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif Melempar dan Menangkap Bola melalui Media Visual pada Siswa SDLB-B (Tunarungu) SLB Negeri Sragen

Main Authors: Nugroho, Dedy Agung, Kristyanto, Agus, Purnama, Sapta Kunta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Semarang , 2017
Subjects:
Online Access: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki/article/view/8739
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki/article/view/8739/6697
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif melempar dan menangkap bola melalui media visual pada siswa kelas III SDLB-B SLB Negeri Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDLB-B SLB Negeri Sragen. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan media visual dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif melempar dan menangkap bola dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar keterampilan gerak dasar manipulatif melempar dan menangkap bola pada Siklus I 75% masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 100% atau semua siswa telah mencapai kreteria tuntas dengan KKM 75. Simpulan penelitian ini adalah dengan penerapan media visual dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif melempar dan menangkap bola pada siswa kelas III SDLB-B SLB Negeri SragenThe objective of this research is to increase the result for studying manipulative based movement of throw and catch a ball using visual media at the third year of SLBB SLB NEGERI SRAGEN. This research is a classroom action research. This research is done in two cycles, and each cycle consists of planning, implementation of the action, observation, and reflection. The subject of this research is the third years of SLBB SLB NEGERI SRAGEN. The data source of this research are teacher, student, and researcher. Technique of collecting data are observation, questionnaire, and documentation. Data validity uses technique of data triangulation. The data of this research are analyzed by using descriptive qualitative with percentage. The result of this research shows that by using visual media can increase the result the result for studying manipulative based movement of throw and catch a ball from the pre-cycle to the cycle 1 and cycle 2. Based on the result of the analyze, there is increasing result of studying of the manipu lative based movement of throw and catch ability on the cycle 1 can get 75% that can get in to the through criteria. While on the cycle 2 the increasing can get 100%, on the other word all student can get the through criteria with is KKM. The conclution of this research is by using visual media can increase the result of studying manipulative based movement throw and catch a ball at the third years SLBB SLB NEGERI SRAGEN