Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Metode Marker Untuk Alternatif Pembelajaran Praktek Perakitan Komputer
Main Authors: | Endra, Robby Yuli, Saputra, Michael |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PSTE UNIMUS
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/ME/article/view/8479 https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/ME/article/view/8479/pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan agar para siswa kejuruan komputer maupun orang awam dapat belajar tentang tata letak dan perakitan komputer menggunakan aplikasi augmented reality. Dalam pembuatan aplikasi ini, Tools yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah Unity3D, Vuforia Engine, dan menggunakan bahasa pemrograman C#, Dengan gabungan marker yang terdaftar pada database Vuforia dan model tiga dimensi yang telah di-import ke dalam Unity3D, aplikasi sukses dalam membaca marker dan menampilkan model tiga dimensi sesuai dengan marker serta mampu menjalankan interaksi antar marker. Dengan berjalan nya aplikasi ini, penulis dapat mengaplikasikan augmented reality metode marker sebagai alternatif media pembelajaran perakitan komputer secara runtut dan benar.