IMPLEMENTASI ALGORITMA MINIMAX UNTUK ARTIFICIAL INTELEGENCE PADA PERMAINAN CATUR SEDERHANA

Main Author: Moses Setiadi, De Rosal Ignatius; Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro , 2012
Online Access: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/technoc/article/view/933
http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/technoc/article/view/933/702
Daftar Isi:
  • Aplikasi game komputer banyak digunakan oleh masyarakat. Beberapa game memerlukan orang lain untuk dapat dimainkan. Seperti pada jenis board game yang dimainkan oleh dua pemain, maka dibutuhkan metode untuk membuat pemain dapat merasa game dimainkan oleh dua pemain. Dalam paper ini, peneliti akan mengimplementasikan algoritma minimax dalam sebuah permainan catur mini dimana tiap pemain memiliki 7 bidak. Algoritma minimax umumnya menghitung semua kemungkinan yang ada di game, kadang-kadang sampai game selesai. Karena aplikasi yang dirancang dalam algoritma yang sederhana maka memerlukan penyederhanaan tetapi tidak mengurangi kemampuan secara signifikan. Jadi algoritma minimax dalam aplikasi ini akan diberi prioritas dan tidak harus menghitung semua kemungkinan yang ada jika ditemukan nilai maximum.Kata Kunci: Board games, Minimax algorithm, Games tree algorithm