SERIOUS GAME BERBASIS KONSEP OPEN WORLD SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI DALAM PENGENALAN BAHASA MANDARIN UNTUK ANAK

Main Authors: Haryanto, Hanny; Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Sari, Wellia Shinta; Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro , 2012
Online Access: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/technoc/article/view/1015
http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/technoc/article/view/1015/763
Daftar Isi:
  • Pembelajaran mandiri adalah salah satu faktor penting dalam pendidikan selain pendidikan terbimbing di sekolah. Pembelajaran mandiri dilakukan tanpa guru, oleh karena itu memerlukan sarana pendukung yang dapat membantu dalam pemahaman materi pelajaran secara mandiri. Game sebagai bagian dari multimedia interaktif menekankan keaktifan dan pengalaman dari penggunanya. Konsep open world yang populer dalam game mengijinkan kebebasan untuk pemain dalam menjelajah lingkungan virtual game dan cara mencapai tujuan. Hal ini mendukung konsep belajar mandiri yang lebih menekankan pengalaman dalam pembelajaran. Serious game adalah game yang tujuannya tidak hanya untuk hiburan tapi juga ada tujuan yang lebih serius, seperti untuk pembelajaran bahasa. Bahasa Mandarin yang sudah digunakan secara internasional menyebabkan adanya kebutuhan untuk pengenalan bahasa tersebut sejak masa anak-anak. Penelitian ini membahas tentang penggunaan konsep open world dalam game untuk pengenalan Bahasa Mandarin untuk anak. Kata Kunci: pendidikan, game, open world, belajar mandiri, bahasa mandarin.