PENERAPAN METODE EKSPOSITORI BERBANTUAN KARTU DOMINO PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT KELAS V SDN SAWAHAN IX/348 SURABAYA
Main Authors: | RAHARJO WAHYU U, TRI, JOHAN, ASMA, KURNIASARI, IKA |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Matematika UNESA
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/7323 |
Daftar Isi:
- Metode ekspositori merupakan bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada guru (teacher centered approach). Dikatakan demikian, sebab guru memegang peranan yang sangat dominan. Melalui metode ini, guru menyampaikan materi pembelajaran secara terstruktur dengan harapan materi pelajaran yang disampaikan itu dapat dikuasai siswa dengan baik. Pada penelitian ini metode ekspositori diterapkan berbantuan dengan permainan kartu domino. Permainan kartu domino merupakan permainan kartu yang memuat beberapa soal dan beberapa jawaban dari soal tersebut, jumlah kartu dari permainan kartu domino berjumlah 40 kartu, tiap kartu dibagi menjadi dua bidang (bidang kiri dan bidang kanan), tiap-tiap bidang memuat : sebuah soal dan sebuah jawaban; dua buah soal; dua buah jawaban. Subjek penelitian deskriptif ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sawahan IX / 348 Surabaya tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 50 siswa. Sedangkan instrumen penelitian, yaitu lembar aktivitas siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa, soal-soal Quiz, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas yang sering dilakukan adalah “permainan kartu domino dengan antusias”, yaitu sebesar 27,50 %. Sedangkan aktivitas siswa yang paling sedikit dilakukan adalah “Mengganggu regu lawan yang sedang bermain”. Siswa kelas V berjumlah 50 siswa, hasil belajar siswa yang dilihat dari ketuntasan belajar siswa adalah tidak tuntas, yaitu sebesar 43,69 %. Siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dari 27 siswa yang melaksanakan tes hasil belajar, sedangkan 23 siswa tidak mengikuti tes hasil belajar dikarenakan berbagai macam keterangan dan respon siswa terhadap proses pembelajaran adalah positif, yaitu sebesar 88,07 %. Kata kunci : Metode ekspositori berbantuan kartu domino, operasi bilangan bulat.