PERBEDAAN KREATIVITAS SISWA SMPDALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR DAN GEOMETRIBERDASARKAN GENDER

Main Authors: AIDA FITRI, NUR, YULI EKO SISWONO, TATAG
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Matematika UNESA , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/2691
Daftar Isi:
  • Kreativitas dalam pembelajaran matematika lebih banyak dihubungkan dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Beberapa ahli mengemukakan bahwa ada perbedaan kreatifitas dan kemampuan matematika antara siswa laki-laki dan perempuan. pada usia 12-13 tahun (usia sekolah SMP). Sehingga peneliti tertarik untuk melihat dan mendeskripsikan kreativitas siswa SMP laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aljabar dan geometri.Penelitian deskriptif ini dilakukan di SMPN 1 Bungah kelas VIII Unggulan yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes terbuka dalam menyelesaikan masalah. Teknik analisis data menggunakan uji Chi kuadrat.Hasil penilitian diketahui bahwa 45% siswa perempuan kelas VIII SMP memenuhi aspek kefasihan dan kebaruan dalam menyelesaiakan masalah aljabar dengan kategori kreatif. Sebanyak 5% siswa perempuan memenuhi aspek kefasihan saja dalam menyelesaikan masalah aljabar dan 50% fasih dalam masalah geometri dengan kategori kurang kreatif. 50% siswa perempuan tidak memenuhi kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan baik dalam menyelesaiakan masalah aljabar maupun masalah geometri dengan kategori tidak kreatif. Siswa laki-laki kelas VIII SMP 8,3% memenuhi aspek kefasihan dalam menyelesaiakan masalah aljabar dan 41,67% dalam menyelesaikan masalah geometri dengan kategori kurang kreatif, 91,7% tidak memenuhi aspek kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan dalam menyelesaiakan masalah aljabar dan 58,33% dalam masalah geometri dengan kategori tidak kreatif. Tidak ada perbedaan antara kreativitas siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaiakan masalah aljabar dan geometri.Kata Kunci : Kreativitas Siswa, Perbedaan Gender