Daftar Isi:
  • Pemecahan masalah merupakankemampuan dasar yang harus dikuasai siswa dalambelajar matematika. Untuk meningkatkankemampuan pemecahan masalah, guru harusmemberikan masalah non rutin. Masalahmatematika open-ended merupakan masalah nonrutin yang dapat digunakan untuk meningkatkankemampuan matematika siswa yang beragam, baiksiswa yang berkemampuan tinggi, sedang, ataurendah.Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuanuntuk mendeskripsikan profil kemampuan siswaSMP kelas VII dalam memecahkan masalahmatematika open-ended pada materi pecahanberdasarkan kemampuan matematika siswa. Untukmencapai tujuan tersebut, peneliti melakukanwawancara terhadap 3 siswa yang merupakansubjek penelitian siswa-siswi kelas 7 SekolahMenengah Pertama mengenai kemampuan siswadalam memecahkan masalah matematika openendeddengan melakukan tes kemampuansebelumnya. Tiga siswa tersebut terdiri atas siswaberkemampuan tinggi, sedang, atau rendah.Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis denganmenggunakan triangulasi waktu. Kemudiandisusunlah profil kemampuan siswa berdasarkantahap pemecahan masalah Polya.