Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita tentang Operasi Hitung Pecahan ditinjau dari Jenis Kelamin
Main Authors: | FATIMAH DYAH IQLIMA, SAYYIDA, Maghfirotun Amin, Siti |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Matematika UNESA
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/18590 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Salah satu tujuan akhir pembelajaran matematika di sekolah adalah untuk membantu siswa sehingga mereka dapat menggunakan berbagai konsep matematika untuk menyelesaikan soal cerita. Namun, banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, salah satunya soal cerita tentang operasi hitung pecahan. Hal ini ditunjukkan dengan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang operasi hitung pecahan. Sehingga perlu untuk mengetahui jenis kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang operasi hitung pecahan guna memperbaiki kualitas pengajaran matematika. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian yang berjudul “Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita tentang Operasi Hitung Pecahan ditinjau dari Jenis Kelamin”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesulitan yang dialami oleh siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal cerita tentang operasi hitung pecahan di kelas VII SMP Negeri 2 Candi-Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-D SMP Negeri 2 Candi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan yang diambil setelah memenuhi kriteria pemilihan subjek. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui 3 tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki mengalami kesulitan dalam merencanakan penyelesaian sedangkan siswa perempuan mengalami kesulitan dalam melaksanakan perencanaan penyelesaian. Dalam pengerjaannya, siswa laki-laki melakukan kesalahan dalam membuat model matematika sehingga hasil akhir yang ia dapatkan salah. Sementara itu, siswa perempuan merencanakan penyelesaian dengan benar namun dalam melaksanakan perencanaan penyelesaian, ia salah. Sehingga hasil akhir yang ia dapat salah. Kata kunci: kesulitan, soal cerita, jenis-jenis kesulitan, dan jenis kelamin. ABSTRACT One of the last purposeof mathematics learning process in school is to help students so they will be able to use any kinds of mathematics concepts in order to solve their problems in daily life. However, there are many students who have difficulties in solving word problems, one of them is word problems about fraction arithmetic. This can be seen by many mistakes made by students in solving word problems about fraction arithmetic. So, knowig type of difficulties that had by students is needed. Thus, the researcher conducted a research entitled “The Analysis of 7th Graders Difficulties in Solving Word Problems about Fraction Arithmetic Looking at it from Sex”. This research is a descriptive qualitative research that intend to describe kind of difficulties experienced by male students and female students in solving word problems about fraction arithmetic in 7Th graders. This research is did in class VII-D SMPN 2 Candi-Sidoarjo. The subjects of this research were one male student and one female student who choose after fulfil subject election criteria.. The data collecting methods that used by the researcher were test and interview. The data analysis techniques were reducing the data, presenting the data, and summarizing. The result of research showed that male student was having difficulty in planning the solution while female student was having difficulty in implementing the solution planning. In the process, male student made mistake in make mathematics model so he got wrong final result. Meanwhile, female studentplanned the completion correctly, but she made mistake in implementing the settlement plan, so she got wrong final result. Key words: difficulties, word problems, kind of difficulties, and sex.