PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF
Main Authors: | MARGARANI, RIZA, , Ismail |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Matematika UNESA
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/18588 |
Daftar Isi:
- Abstrak Kemampuan komunikasi matematika adalah keterampilan seseorang untuk menyampaikan ide matematika yang jelas dan mudah dipahami oleh orang lain. Perbedaan gaya kognitif memungkinkan terjadinya perbedaan komunikasi dalam memecahkan masalah matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian desktriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII D SMP Negeri 3 Mojokerto tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini terdiri dari satu siswa dengan gaya kognitif reflektif (SR) dan satu siswa dengan gaya kognitif Impulsif (SI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SI memiliki kemampuan komunikasi tertulis dengan rincian sebagai berikut: menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan secara tidak akurat dan tidak lengkap; menggunakan strategi penyelesaian secara tidak akurat dan tidak lengkap; menuliskan langkah-langkah perhitungan secara tidak akurat dan tidak lengkap; menuliskan kesimpulan secara tidak akurat dan tidak lengkap. Lancar dalam menuliskan semua informasi sampai kesimpulan. Kemampuan komunikasi lisan dengan rincian sebagai berikut: menyebutkan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan secara akurat, lengkap dan lancar; menyebutkan strategi penyelesaian secara akurat, tidak lengkap dan lancar; menyebutkan langkah-langkah perhitungan secara tidak akurat, tidak lengkap dan lancar; menyebutkan kesimpulan secara tidak akurat, tidak lengkap dan lancar; (2) SR memiliki kemampuan komunikasi tertulis dengan rincian sebagai berikut: menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan secara tidak akurat dan tidak lengkap; menggunakan strategi penyelesaian secara tidak akurat dan tidak lengkap; menuliskan langkah-langkah perhitungan secara tidak akurat dan tidak lengkap; menuliskan kesimpulan secara akurat dan lengkap. Lancar dalam menuliskan semua informasi sampai kesimpulan. Kemampuan komunikasi lisan dengan rincian sebagai berikut: menyebutkan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan secara akurat, lengkap dan lancar; menyebutkan strategi penyelesaian secara akurat, lengkap dan lancar; menyebutkan langkah-langkah perhitungan secara akurat, lengkap dan lancar; menyebutkan kesimpulan secara akurat, lengkap dan lancar. Kata kunci: Kemampuan komunikasi matematika, pemecahan masalah matematika, gaya kognitif Abstract Mathematics communication abilities are the abilities of a person to convey mathematical ideas clearly and easilyunderstood by others. The different cognitive styles allowing the difference in their communication in solving mathematical problems. The purpose of this research was to describe the profile of students` mathematicscommunication abilities in solving mathematics problems taking into account the reflective-impulsive cognitive styles. This research is a descriptive researchwith qualitative approach carried out in class VIII D of SMP Negeri 3 Mojokerto academic year 2015/2016. Subjects of this research consisted of one student withreflective cognitive style (SR) and one student with impulsive cognitive style (SI). The results showed that (1) SI has written communication abilities as follows: write down the things that are given and asked inaccurately and incompletely; use the completion strategy is inaccurately and incompletely; write down the calculation steps calculation inaccurately and incompletely; write conclusions inaccurately and incompletely. fluently write down all the information until its conclusion. Oral communication abilities with the following details: mention the things that are given and asked accurately, completely and fluently; mention the completion strategy inaccurately and incompletely, but fluently; mention the calculation steps inaccurately and incompletely, but fluently; mention conclusions inaccurately and incompletely, but fluently.Meanwhile, he fluently wrote all the information until conclusion. (2) SR has written communication abilities with the details as follows: write down the things that are given and asked inaccurately and incompletely; use completion strategy inaccurately and incompletely; write down the calculation steps inaccurately and incompletely. Fluently write down all the information until its conclusion. Oral communication abilities with the following details: mention the things that are given and asked accurately, completely and fluently; mention the completion strategy accurately, completely and fluently; answer calculation steps accurately, completely and fluently; mention conclusions accurately, completely and fluently.Meanwhile, he wrote all the information until conclusion fluently.Top of Form Keywords:Mathematicscommunication abilities, mathematics problem solving, cognitive style.