PROSES KOGNITIF SISWA DALAM PENGAJUAN MASALAH TIPE POST SOLUTION POSING

Main Authors: PURWANTI KUMALASARI, RIRIN, Yuli Eko Siswono, Tatag
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Matematika UNESA , 2017
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/18586
Daftar Isi:
  • Proses kognitif siswa meliputi enam tahap yaitu mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Salah satu alat yang digunakan untuk memelajari proses kognitif yaitu problem posing (pengajuan masalah). Pengajuan masalah diaplikasikan dalam tiga aktivitas kognitif yaitu pre solution posing, within solution posing, dan post solution posing. Penelitian ini menggunakan pengajuan masalah tipe post solution posing karena dengan post solution posing siswa yang biasanya menyelesaikan terpenuhi dan dapat melatih pengajuan masalah. Hal tersebut sesuai dengan proses kognitif yang terjadi ketika siswa menyelesaikan masalah maupun mengajukan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kognitif siswa dalam pengajuan masalah tipe post solution posing. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Candi kelas VII-E tahun ajaran 2015/2016. Tes pengajuan masalah diberikan kepada 31 siswa dan terpilih 5 subjek dari masing-masing kategori pengajuan masalah kecuali kategori penyelesaian masalah salah dan pengajuan masalah benar dengan tingkat kesulitan masalah sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima subjek penelitian memiliki proses kognitif yang berbeda-beda dalam mengajukan masalah tipe post solution posing. Siswa dengan kategori penyelesaian masalah benar dan pengajuan masalah benar dengan tingkat kesulitan masalah mudah dapat mencapai enam tahap proses kognitif yaitu mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Siswa dengan kategori penyelesaian masalah benar dan pengajuan masalah benar dengan tingkat kesulitan masalah tinggi, penyelesaian masalah salah dan pengajuan masalah benar dengan tingkat kesulitan masalah tinggi, dan penyelesaian masalah salah dan pengajuan masalah benar dengan tingkat kesulitan masalah mudah dapat mencapai lima tahap proses kognitif yaitu mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, dan mengevaluasi. Siswa dengan kategori penyelesaian masalah benar dan pengajuan masalah benar dengan tingkat kesulitan masalah sedang dapat mencapai tiga tahap proses kognitif yaitu mengingat, memahami, dan mengaplikasi. Kata kunci: Proses kognitif, Problem posing, Post solution posing Students’ cognitive process is included six major of categories which are remember, understand, apply, analyze, evaluate, and create. One of tools for identyfing cognitive process is problem posing. Problem posing is applied in three cognitive activity there are pre solution posing, within solution posing, and post solution posing. This study used a problem posing of post solution posing it is cause for the students that are usually solve and train students’ problem posing skill. This is related with the cognitive process that occur when students solve problems and pose a problem. The aim of this research is to describe the students’ cognitive process in problem posing of post solution type. This quantitative research was carried out on 31 students of VII-E of Candi junior high school and took out 5 subjects for every problem posing category except student has false problem solving and true problem posing has medium difficulty level of question category. Based on the results of the data analysis toward 31 students, all subjects have different cognitive process in posing problems in the type of post solution posing. Student has true problem solving and true problem posing has easy difficulty level of question category is able to satisfy six categories of cognitive process which remember, understand, apply, analyze, evaluate, and create. Student has true problem solving and true problem posing has high difficulty level of question, false problem solving and true problem posing has high difficulty level of question, and false problem solving and true problem posing has easy difficulty level of question categories is able to satisfy five categories of cognitive process which remember, understand, apply, analyze, and evaluate. Student has true problem solving and true problem posing has medium difficulty level of question category is able to satisfy three categories of cognitive process which remember, understand, and apply. Key words: Cognitive process, Problem posing, Post solution posing