Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology dengan Software Macromedia Flash 8 pada Materi Segiempat
Main Authors: | Aci Putra, Raka, Trineke Manoy, Janet |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Matematika UNESA
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/18581 |
Daftar Isi:
- Abstrak Matematika merupakan pelajaran yang bersifat abstrak. Untuk memahami matematika yang bersifat abstrak agar mudah dipahami siswa, perlu adanya media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis Information and Communication Technology adalah salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan teknologi yang berkembang pada saat ini. Software Macromedia Flash 8 merupakan teknologi komputer yang mempunyai keunggulan dalam membuat animasi sehingga dapat memahami matematika yang abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Information and Communication Technology yang menggunakan software Macromedia Flash 8 pada materi segiempat dengan mengacu kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, implementation, evaluation). Dengan tahap-tahap rincian: Analysis (meliputi: analisis kebutuhan dan analisis media), Design (meliputi: pembuatan model dan bentuk media sesuai dengan tujuan pembelajaran), Development (meliputi: revisi media pembelajaran sampai dinyatakan valid oleh validator), Implementation (meliputi: uji coba media pembelajaran yang sudah valid), Evaluation (meliputi: evaluasi terhadap media yang telah diujicobakan). Hasil analisis data menunjukkan produk media pembelajaran yang dikembangkan valid dengan penilaian validasi sebesar 4,05 sehingga kriteria yang didapatkan sangat valid, praktis karena melakukan sedikit revisi dan melalui sekali tahap validasi, efektif dengan penilaian total angket respon siswa %RS sebesar 85,71 dengan kriteria sangat positif dan hasil tes dengan seluruh siswa mencapai nilai diatas KKM dengan penilaian rata-rata hasil tes sebesar 86,43. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Information and Communication Technology,Macromedia Flas 8,dan Pengembangan ADDIE Abstract Mathematics is an abstract subject. Intermediary is needed student to comprehend mathematics which is abstract, so they need learning media. learning media based on Information and Communication Technology is the one of media that appropiate to the technology Development at this time. Macromedia Flash 8 is a computer technology that has advantages in making animation that can bridge the mathematics which is abstract. This research is a Development that aims to produce learning media based on Information and Communication Technology using Macromedia Flash 8 at quadrilateral subject with reference tosome criteria, those are valid, practical, and effective. This study uses a ADDIE Development(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The details of each stage: Analysis (including: needs Analysis and media Analysis), Design (including: models making and forms of media in accordance with the purpose of learning), Development (including: learning media revisionsand validity of learning media accordingvalidator),Implementation (including: validity of learning media that have been tested), Evaluation (including: Evaluation of the media that have been tested). The results of data Analysis showed learning media products that developed is validwithin score of validation at 4,05 that obtained is very valid criteria, practical because it need a little of revision and through one step of validation, effective with the total score on student questionnaire responses %RS amounted to 85.71with the very positive criteria and test results with all students achieved grades above scores minimal with an average assessment test results at 86.43. Keywords: Learning Media, Information and Communication Technology, Macromedia Flash 8, and ADDIE Development.