METAKOGNISI SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN LINGUISTIK, LOGIS-MATEMATIS DAN VISUAL-SPASIAL
Main Authors: | AYU ISTIQOMAH, NUR, Setianingsih, Rini |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Matematika UNESA
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/18571 |
Daftar Isi:
- Abstrak Metakognisi merupakan salah satu hal yang mempengaruhi keberhasilan dalam pemecahan masalah matematika. Metakognisi adalah pengetahuan dan kesadaran seseorang tentang proses kognisinya sendiri. Metakognisi dalam memecahkan masalah terdiri dari tiga tahap yaitu merencanakan, memantau dan mengevaluasi. Lebih lanjut ketiga tahap tersebut disebut sebagai aktivitas metakognisi Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan metakognisi siswa SMA yang berkecerdasan linguistik, berkecerdasan logis-matematis dan berkecerdasan visual-spasial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari satu siswa berkecerdasan linguistik, satu siswa berkecerdasan logis-matematis dan satu siswa berkecerdasan visual-spasial yang memiliki kemampuan matematika setara. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa perbedaan metakognisi siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan linguistik, logis-matematis dan visual-spasial. Subjek linguistik tidak menunjukkan metakognisi secara maksimal. Pada tahap memahami masalah dan membuat rencana pemecahan masalah, subjek linguistik menunjukkan ketiga tahap aktivitas metakognitif. Pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek linguistik hanya melakukan tahap merencanakan. Subjek linguistik tidak memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Subjek logis-matematis menunjukkan metakognisi yang baik. Pada semua tahap pemecahan masalah, subjek logis-matematis menunjukkan ketiga tahap aktivitas metakognitif. Subjek visual-spasial melakukan semua tahap pemecahan masalah Polya kecuali memeriksa kembali. Pada tahap memahami masalah dan membuat rencana, subjek visual-spasial menunjukkan ketiga tahap aktivitas metakognitif. Pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, hanya dua tahap aktivitas metakognitif yang ditunjukkan yaitu merencanakan dan memantau. Kata Kunci: Metakognisi, Kecerdasan, Linguistik, Logis-matematis, Visual- spasial Abstract Metacognition is one of keys of success in mathematical problem solving.Metacognition is someone's knowledge and awareness about self cognitive process. In problem solving, metacognition consists of three stages: planning, monitoringand evaluating. Then, these three stages mentioned as metacognitive activity. This research aims to describe themetacognition of high school students having linguistic intelligence, logico-mathematical intelligence and visual-spatialintelligence.This research is qualitative in nature, using test and interview methods in collecting the data.Subjects of this research consist of a student with linguistic intelligence, a student with logico-mathematical intelligence,and a student withvisual-spatial intelligencewho have equivalent mathematics abilities. The results showed that there were some differences in high school students’ metacognition in mathematical problem solving based on linguistic, logico-mathematical and visual-spatial intelligences. The subject with linguistic intelligence did not show its full potential of metacognition.At the stage of understanding the problem and devising a plan, the linguistic subject showedthe three stages of metacognitive activity. At the stage of carrying out the plan, the linguistic subject onlystaged the plan.Moreover, the linguistic subject did not show the stage of looking back.Logico-mathematical subject showedgood metacognition. At all of the stages of problem solving, he showed the three stages of metacognitive activity. Visual-spatial subject performed all stages of problem solvingexcept the stage of looking back.At the stage of understanding the problem and devising a plan, visual-spatial subject showed the three stages of metacognitive activity. At the stage of carrying out the plan of problem solving, the subject showed only two stages of metacognitive activity which were planning and monitoring. Keywords: Metacognition;Mathematical Problem Solving; LinguisticIntelligence; Logico-mathematicalIntelligence; Visual-SpatialIntelligence.