PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MATERI TRANSFORMASI KELAS VII SISWA SMP
Main Authors: | Rahmawati, Lusi, Khabibah, Siti |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Matematika UNESA
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/18554 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik berbantuan Software GeoGebra untuk materi transformasi kelas VII SMP. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D (four D model) yang dilaksanakan sampai dengan tahap ketiga yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Hasil pengembangan perangkat pembelajaran berupa : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Hasil validasi RPP, LKS, dan THB yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dengan RRTV (Rata-Rata Total Validitas) RPP sebesar 2,9, RRTVLKS sebesar 2,7 dan RRTVTHB sebesar 2,7. Pada uji keterbacaan, perangkat pembelajaran mudah dipahami oleh guru dan siswa.Uji coba diawali dengan pretest, kemudian memberikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantuan Software GeoGebra, dan posttest. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aspek kepraktisan terpenuhi dengan hasil analisis kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata 3,4 dan hasil analisis data aktivitas siswa dalam kategori aktif dengan rata-rata total sebesar 93,68%. Aspek keefektifan juga terpenuhi dengan respons siswa positif yaitu sebesar 75% dan hasil persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 76,31%, sehingga dapat dikatakan ketuntasan belajar siswa tercapai. Selain itu, THB yang digunakan memenuhi kriteria valid, reliabel, dan sensitif dengan koefisien validitas tiap butir soal minimal 0,30, reliabilitas sebesar 0,31 dan sensitivitas butir soal minimal 0,32. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik berbantuan Software GeoGebra yang dikembangkan sudah baik karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: pendekatan saintifik, Software GeoGebra, perangkat pembelajaran. Abstract This study aims to describe the process and outcomes of mathematics learning instrument development with a scientific approach for transformation topic using GeoGebra Software for Seventh grade students. Process of learning instrument development used 4D model that modified and simplified as define, design, and develop. The result of the development of learning tools such as : Lesson Plan (RPP), Students Worksheet (LKS), and Students Achievement Test (THB). The result of lesson plans validation, students worksheet, and students achievement test categorized as valid with amount of is 2.9, is 2.7 and 2.7. In term of legibility, the learning instrument can be easily understand by teacher and students. The research began with a pretest and followed by learning with the scientific approach using GeoGebra Software and ended with a posttest. The result showed that the aspect of practicality fulfilled with the result of teacher’s ability in managing the learning categorized as excellent with an average score of 3.4 and the data analysis of students’ activity categorizedas active with an average total of 93.68%. Aspects of effectiveness also met a positive student response that equal to 75% and the percentage of classical learning completeness of 76.31%, so it can be said to students’ learning outcome is achieved. In addition students achievement test used meet the criteria of valid, reliable, and sensitive to the validity coefficient of each question items as at least 0.30, the reliability of 0.31 and sensitivity of question item is at least 0.32. Based on data analysis, it can be concluded that the scientific approach to the developed mathematics learning using GeoGebra software was good in term of valid criteria, practical, and effective. Keywords:Scientific approach, GeoGebra software, learning instruments