PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) DENGAN MEDIA TANGRAM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI JAJARGENJANG DAN BELAHKETUPAT

Main Authors: RARAS NURTASARI, HANGGANA, Trineke Manoy, Janet
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Matematika UNESA , 2017
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/18524
Daftar Isi:
  • Abstrak Jajargenjang dan belahketupat merupakan materi pelajaran di kelas VII SMP. Kenyataan di lapangan masih terdapat kesalahan dan kesulitan siswa dalam mempelajari  geometri, salah satunya yakni kekeliruan siswa dalam membedakan bangun jajargenjang dan belahketupat. Hal ini menunjukkan belum sepenuhnya siswa memahami sifat-sifat pada jajargenjang maupun belahketupat secara utuh. Terlebih, LKS yang ada saat ini kurang memanfaatkan media pembelajaran, LKS hanya berisi kumpulan rumus dan soal yang harus dikerjakan siswa membuat siswa cenderung menghafal rumus, algoritma atau prosedur tertentu dalam menyelesaikan masalah. Sebagai salah satu solusi, dapat dikembangkan bahan ajar yang memandu siswa belajar secara mandiri yakni, lembar kegiatan siswa dengan media tangram. Tangram sebagai manipulatif puzzle yang dapat dapat digunakan untuk membangun konsep geometri melalui kegiatan menggolongkan (categorising), membandingkan (comparing), dan eksplorasi puzzle untuk menyelesaikan masalah dalam konteks geometri. Penelitian ini bertujuanuntuk mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Media Tangram. Peneliti menggunakan Model Pengembangan 4D Thiagarajan. LKS terlebih dahulu melewati proses validasi oleh 3 validator kemudian LKS diuji cobakan secara terbatas terhadap 6 siswa SMP kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS dengan Media Tangram yang dikembangkan dikatakan layak, dengan rincian hasil penilaian: (1) rata-rata total validitas sebesar 3,23 dengan kategori valid, (2) rata-rata total kepraktisan secara teoritis sebesar 3,17 dengan kategori praktis (LKS dapat digunakan dengan sedikit revisi) dan (3) kategori efektif, dengan rata-rata skor hasil belajar subjek penelitiandikategorikan tuntas ( )setelah menggunakan LKS yakni 76,45 ( )dan persentase respons 100% dengan kategori respons subjek penelitian sangat positif. Kata kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), media tangram, jajargenjang dan belahketupat     Abstract Parallelogram and rhombus are course material in class VII, middle school. Nowadays, there are mistakes and difficulties of students in the study of geometry, one of them is a mistake students in distinguish between parallelogram and rhombus. This shows students not yet fully understand the properties of parallelogram and rhombus as a whole. Moreover, worksheets lack of learning aids, only contains a set of questions that must be done students make students tend to memorize formulas, algorithms or specific procedures in solving problems currently. As a solution, there aim to develope student activity sheet with tangram as lesson matter focus on learning each student’s self. Tangram as manipulative aids can be used to establish the concept of geometry through classifying (categorizing), comparing, and exploration puzzle to solve problems in the context of geometry. This research aims to develop a Student Activity Sheet (LKS) with Tangram. Researcher using 4D Development Model Thiagarajan. LKS advance past the validation process by three LKS’s validator then tested on a limited basis against six junior high school students of class VII. The results showed that the worksheets with Media Tangram developed quite decent, with details of the results of the assessment: (1) the average of total validity is 3.23 with valid category, (2) an average of  total practicality based teoritic is 3.17 with a practical category (LKS can be used with little revision) and (3) effective category with an average score of learning outcomes from subjects categorized as complete (≥75 ) after using the LKS is 76.45 (KKM standart is 75) and response subject’s is 100%, which is very positive. Keywords:Student Activity Sheet (LKS), tangram, parallelogram and rhombus