LINTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI JAJARGENJANG DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING MELALUI PENELITIAN DESAIN

Main Authors: RIDHA HARINI, ASTY, Haris Rosyidi, Abdul
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Matematika UNESA , 2017
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/18508
Daftar Isi:
  • Abstrak  Matematika adalah sebuah ilmu dengan objek kajian yang bersifat hirarkis, yaitu suatu topik matematika tertentu akan menjadi materi prasyarat bagi topik berikutnya. Untuk mempelajari suatu topik matematika yang baru, pengalaman belajar siswa akan mempengaruhi proses pembelajaran. Suatu materi tertentu akan dikuasai oleh siswa dengan baik ketika ia mampu memahami materi prasyarat dengan baik. Dengan karakteristik siswa tersebut, guru dapat membelajarkan suatu materi apabila guru memiliki gambaran tentang kemungkinan lintasan atau jalur yang dilalui siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Oleh karena itu, perlu diketahui lintasan belajar siswa pada saat mempelajari jajargenjang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian desain dengan model Gravemeijer dan Cobb (2006). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan lintasan belajar siswa pada materi jajargenjang dengan metode penemuan terbimbing. Hasil penelitian ini adalah lintasan belajar siswa pada materi jajargenjang dengan metode penemuan terbimbing dapat dihasilkan dari hypothetical learning trajectory yang didesain melalui penelitian desain yang terdiri dari tiga tahap, yaitu preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Lintasan belajar didapatkan dengan merevisi hypothetical learning trajectory hasil uji coba serta diskusi dengan guru mata pelajaran. Hasil tes menunjukkan bahwa 48,39% siswa mendapatkan nilai lebih dari KKM yang ditetapkan sekolah. Kata Kunci: Jajargenjang, Lintasan Belajar, Penelitian Desain Abstract  Mathematics is a science with the study object is hierarchical , ie a specific mathematical topic will be the prerequisites material for the next topic. To learn a new mathematics topic, students’ experience will influence the learning process. A certain material will be mastered well by the students when they can understand the prerequisites material well. With that characteristic, teacher can teach a material if she has a plan of learning trajectory which students through the learning goals. That’s why, learning trajectory is important for the students to learn parallelogram. This research includes design study according Gravemeijer and Cobb (2006). The aim of this research was to describe the process and produce a students’ learning trajectory during study parallelogram with guided discovery learning methode. The result of this research is students’ learning trajectory during study parallelogram with guided discovery learning was produced from hypothetical learning trajectory which designed by design research in three steps, which are  preparing for the experiment, design experiment, and retrospective analysis. Learning trajectory obtained by revising the hypothetical learning trajectory test result and discussions with the teachers’ subjects. The results of the test shows that 48,39% students have a score higher than the standart score of the school.   Key Words: Parallelogram, Learning Trajectory, Design Research.