PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF
Main Authors: | YOGA ARUMANING PUSPITA, APRISKA, Wijayanti, Pradnyo |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Matematika UNESA
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/18507 |
Daftar Isi:
- Abstrak Pemecahan masalah merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika karena dengan belajar memecahkan masalah akan mengembangkan kemampuan untuk membangun ide-ide dan dapat berlatih mengintegrasikan konsep-konsep, teorema-teorema, dan keterampilan yang dipelajari. Dalam aktifitas pemecahan masalah, terdapat factor-faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah gaya kognitif. Setiap siswa memiliki gaya kognitif yang berbeda-beda. Salah satu dari gaya kognitif tersebut adalah gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika siswa pada materi segiempat yang bergaya kognitif reflektif dan impulsif. Indikator pemecahan masalah yang digunakan pada penelitian ini menggunakan strategi pemecahan masalah Polya, yaitu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang siswa kelas VII-C di SMP Negeri 36 Surabaya yang terdiri dari satu siswa dengan gaya kognitif reflektif dan satu siswa dengan gaya kognitif impulsif yang memiliki kemampuan matematika setara dan jenis kelamin sama. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dengan memberikan The Matching Familiar Figures Test dan tes pemecahan masalah, dan metode wawancara. Data dianalisis berdasarkan aktifitas yang mungkin muncul di setiap langkah memecahkan masalah Polya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa pada tahap memahami masalah, siswa dengan gaya kognitif reflektif membaca soal lebih dari dua kali untuk dapat menyebutkan apa yang ditanya dan diketahui dari soal meskipun tidak secara lengkap, serta menceritakan kembali maksud dari soal dengan benar menggunakan kata-katanya sendiri. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif impulsif membaca soal sampai empat kali untuk dapat menyebutkan apa yang ditanya dan diketahui dari soal meskipun melakukan kesalahan beberapa kesalahan, serta menceritakan kembali maksud dari soal menggunakan bahasa yang sama dengan soal. Pada tahap membuat rencana penyelesaian, siswa dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif menjelaskan rencana penyelesaiannya dengan runtut dan menggunakan semua informasi yang didapat dari soal. Pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian, siswa dengan gaya kognitif reflektif menyelesaikan masalah dengan langkah-langkah yang sistematis dan terurut sehingga mudah dipahami dan cenderung sedikit melakukan kesalahan. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif impulsif menyelesaikan masalah dengan langkah-langkah yang terurut namun kurang sistematis sehingga sulit dipahami maksud dari langkah penyelesaiannya dan cenderung melakukan beberapa kesalahan. Pada tahap memeriksa kembali, siswa dengan gaya kognitif reflektif memeriksa kembalinya dengan cara menghitung ulang dan menjumlahkan ataupu mengalikan hasil yang diperoleh dengan yang diketahui, sedangkan siswa dengan gaya kognitif impulsif dengan cara menghitung ulang hasil yang diperoleh. Kata kunci: Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, Gaya Kognitif Reflektif, Gaya Kognitif Impulsif. Abstract Problem solving is one of the important aspect in mathematics learning because learning to solve problems will develop ability to construct ideas and practice to integrating concepts, theorems, and a skill learned. There are some factors that influence problem solving activities, one of them is cognitive style. Cognitive style of each students is different. One of the cognitive style is reflective and impulsive cognitive style. This study aims to describe the profile of math problem solving style of students with cognitive reflective and impulsive cognitive style. Indicators of problem solving used in this study is Polya’s stages of problem solving including understanding the problem, making plans of solution, carrying out a plans, and looking back This study is descriptive research with a qualitative approach. The subjects of this study are two students of VII-C in SMPN 36 Surabaya, consist of one student with the reflective cognitive style and one student with the impulsive cognitive style. Both of them had equivalent mathematical skill and same sex. The data collection method used are the tests method by giving the familiar matching figures test and problem solving test, and interview. The data were analyzed based on the activities that might appear at every step of Polya’s stages of problem solving. The result of the research showed that at the stage of understanding a problem , the student with reflective cognitive style read about more than twice to be able to say what asked and known from the problem although it was not complete, and they can retell the given problem by using their own words. While students with the impulsive cognitive style read about to four times for to able to say what asked and known of the problem, although they made several mistakes, and they can retell the given problem by using the same language of the problem. At the stage of making plans of solution, the student with reflective and impulsive cognitive style explain their plans in order and use all the information from the problem. At the stage of carrying out the plan, the student with reflective cognitive style solves the problem using systematically and ordered steps so it’s easy to understand and only made a little mistake. While student with impulsif cognitive style solve the problem using ordered steps but less systematically so it’s difficult to understand the solution that she wrote and made several mistakes. At the stage of looking back, the student with reflective cognitive style examined by recalculate and sum or multiply the answers she got into a known information, while the student with impulsive cognitive style examined by recalculate the results she got. Keywords: Problem solving, Cognitive style, Reflective cognitive style, Impulsive cognitive style