KREATIVITAS SISWA DALAM PENGAJUAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD-INDEPENDENT (FI) DAN FIELD-DEPENDENT (FD)
Main Authors: | FEMY SASONGKO, DIMAS, Eko Siswoyo, Tatag Yuli |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Matematika UNESA
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1493 |
Daftar Isi:
- Kreativitas siswa merupakan komponenpenting pembelajaran matematika yang dapatterlihat dalam pengajuan soal. Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswabergaya kognitif Field-Independent dan Field-Dependent dalam pengajuan soal matematika.Penelitian deskriptif ini diawali dengan pemilihansubjek bergaya kognitif Field-Independent danField-Dependent. Wawancara berbasis tugaspengajuan soal dilakukan terhadap tiga siswa Field-Independent (dua siswa berkemampuan matematikatinggi dan satu siswa berkemampuan matematikarendah) dan tiga siswa Field-Dependent (satu siswaberkemampuan sedang dan dua siswaberkemampuan rendah). Analisis data dilakukandengan reduksi, paparan, dan penyimpulan sertadigunakan triangulasi waktu. Hasil penelitianmenunjukkan subjek Field-Independent cenderungdapat mengajukan soal matematika yang barudengan lancar dan fleksibel sehingga tergolongsangat kreatif. Sedangkan subjek Field-Dependentcenderung tidak dapat mengajukan soal matematikayang baru dan fleksibel dengan lancar sehinggatergolong kurang kreatif atau tidak kreatif.