IDENTIFIKASI TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA MENGGUNAKAN MULTIPLE SOLUTION TASK (MST)

Main Authors: BUDI ANGGRAENY, DWITYA Budi, Siswoyo, Tatag Yuli Eko
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Matematika UNESA , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1434
Daftar Isi:
  • Paradigma baru dalam dunia pendidikan lebih menekankan kepada peserta didik sebagai manusia aktif dan kreatif yang memiliki potensi untuk selalu belajar dan berkembang. Sadar akan pentingnya kreativitas, guru diharapkan dapat merancang metode pembelajaran maupun pendekatan-pendekatan yang dapat mengembangkan kreativitas siswa. Namun sebelum itu guru terlebih dahulu harus mengetahui sejauh mana kreativitas yang dimiliki siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif (TBK) siswa yaitu dengan menggunakan Multiple Solution Task (MST) yang secara ekplisit meminta siswa untuk menyelesaikan masalah dengan berbagai cara. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan MST.Subjek pada penelitian deskriptif-kuantitatif ini yaitu 29 siswa kelas VIII-B SMP Negeri 6 Surabaya tahun ajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes MST dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen berpikir kreatif yang paling dominan dimiliki siswa dalam memecahkan masalah SPLDV menggunakan MST adalah fleksibilitas yaitu sebanyak 21 siswa (72,41%) dan siswa kelas VIII-B SMP Negeri 6 Surabaya tergolong cukup kreatif karena TBK 2 lebih dominan yaitu sebanyak 13 siswa (44,83%).