PROFIL MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI POKOK PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA
Main Author: | PRASETYORINI, NANDA |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Matematika UNESA
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1421 |
Daftar Isi:
- Miskonsepsi merupakan hal yang harusdihindari guru dan peserta didik dalampembelajaran. Kenyataan di lapangan menunjukkanbahwa masih banyak siswa yang mengalamimiskonsepsi salah satunya dalam Matematika.Pecahan salah satu materi dalam matematika yangsering digunakan dalam berbagai cabangmatematika lainnya maupun dalam berbagai cabanglainnya diluar matematika. Penelitian yangdigunakan merupakan penelitian kualitatif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profilmiskonsepsi siswa pada materi pokok pecahan.Dalam penelitian ini subjek yang diteliti adalah 6siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Gresik, 2 subjekdengan tingkat kemampuan tinggi, 2 subjek dengantingkat kemampuan sedang, dan 2 subjek dengantingkat kemampuan rendah. Instrumen yangdigunakan adalah soal tes kemampuan matematikasiswa, soal tes CRI (Certainly of Respon Indeks)dan wawancara. Metode pengumpulan data yangdigunakan yaitu menggunakan tes pelacakanmiskonsepsi yang dianalisis secara deskriptifdengan teknik CRI (Certainly of Respon Indeks).Siswa dengan tingkat kemampuan rendahpaling banyak mengalami miskonsepsi pada materipecahan. Miskonsepsi juga terjadi pada siswadengan tingkat kemampuan sedang dan tingkatkemampuan tinggi namun miskonsepsi yangdialami oleh mereka lebih sedikit jika dibandingkandengan siswa dengan tingkat kemampuan rendah.Hasil Penelitian menyebutkan: (1) Miskonsepsisiswa dominan pada konsep perkalian padapecahan. (2) Miskonsepsi yang dialami siswadengan kemampuan tinggi lebih sedikit jikadibandingkan dengan siswa dengan kemampuanmatematika sedang dan rendah