PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI PECAHAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Main Authors: | ILMIYAH, SAILATUL, Masriyah, Masriyah |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Matematika UNESA
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1419 |
Daftar Isi:
- Grinder mengidentifikasikan 3 jenis gayabelajar, yaitu : gaya belajar visual, auditori, dankinestetik. Penelitian yang dilakukan merupakanpenelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untukmendeskripsikan profil pemecahan masalahmatematika siswa SMP kelas VII pada materipecahan ditinjau dari gaya belajar. Hasil daripenelitian ini adalah profil pemecahan masalahmelipu: subjek visual dalam memahami masalahdengan cara membaca soal dengan suara keras dandiulang beberapa kali sambil menggarisbawahiketerangan-keterangan yang dianggap penting sertasesekali diam sejenak untuk berfikir danmenggunakan ilustrasi gambar. Merencanakanpenyelesaian, subjek mengungkapkan dengan lancardan detail. Memeriksa kembali, dengan mengoreksijawabannya yaitu membaca kembali keterangan yangdirasa penting dan menghitung dengan operasikebalikan. Subjek auditori dalam memahami masalahmembaca soal dalam hati sambil menggerakkan bibiruntuk mengungkapkan apa yang dibaca.Merencanakan penyelesaian, subjek mengungkapkandengan bahasanya sendiri dengan sesekali membacasoal, detail, agak ragu-ragu. Memeriksa kembali,dengan mengoreksi jawabannya dan operasikebalikan. Subjek kinestetik dalam memahamimasalah membaca soal dalam hati dan menggunakanjarinya sebagai penunjuk sambil mengangkat lembarsoal dan tangannya sesekali memegangi muka.Merencanakan penyelesaian, subjek mengungkapkandengan perlahan sambil membaca soal,mengungkapkan dengan singkat sambil mengetukngetukkanpensil di atas soal. Memeriksa kembali,dengan cara membaca kembali keterangan-keteranganpenting dan menghitung kembali hasilnya.