PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF

Main Authors: JAZULI, MOKHAMMAD, KHABIBAH, SITI
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Matematika UNESA , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/12990
Daftar Isi:
  • Kemampuan pemecahan masalah merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika terutama jika dikembangkan untuk situasi yang bertemakan dengan kehidupan sehari-hari (masalah matematika kontekstual). Siswa yang terampil dalam pemecahan masalah akan mampu berpacu dengan kebutuhan hidupnya, menjadi pekerja yang lebih produktif, dan memahami isu-isu kompleks yang berkaitan dengan masyarakat global. Aktivitas pemecahan masalah dipengaruhi oleh gaya kognitif. Salah satunya gaya kognitif reflektif (R) dan impulsif (I). Karena hal itu tersebut penting, maka perlu diungkap profil pemecahan masalah matematika kontekstual siswa SMP ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika kontekstual siswa SMP ditinjau dari gaya kognitif reflektif (R) dan impulsif (I). Penelitian ini dilakukan di kelas IX SMP Dr. Soetomo Surabaya. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa bergaya kognitif reflektif dan 2 siswa bergaya kognitif impulsif. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, analisis, dan penyusunan laporan. Instrumen penelitian terdiri dari tes pemecahan masalah matematika kontekstual dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pemecahan masalah matematika kontekstual siswa bergaya kognitif reflektif meliputi memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. Sedangkan langkah-langkah pemecahan masalah matematika kontekstual siswa bergaya kognitif impulsif meliputi memahami masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali, tanpa melalui langkah menyusun rencana penyelesaian. Kata kunci:   profil pemecahan masalah, masalah matematika kontekstual, gaya kognitif, reflektif (R), impulsif (I)