IDENTIFIKASI KETIDAKPAHAMAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ALJABAR

Main Authors: AULIA, KHARITSA, YULI EKO SISWONO, TATAG
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Matematika UNESA , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/12989
Daftar Isi:
  • Soal cerita memiliki kontribusi penting, baik dalam kehidupan sehari-hari, pembelajaran matematika maupun dalam perkembangan  cara berpikir siswa. Namun masih banyak siswa yang melakukan kesalahan ketika menyelesaikan soal cerita, terutama pada soal cerita materi aljabar. Kesalahan yang biasanya dilakukan oleh siswa adalah kesalahan dalam memahami soal dan menerjemahkan kalimat dari soal cerita ke bentuk matematika. Kesalahan-kesalahan tersebut akan membuat siswa mengalami serangkaian ketidakpahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan ketidakpahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aljabar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014.Subjek dari penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Candi yang memiliki variasi kesalahan terbanyak ketika mengerjakan tes penyelesaian soal cerita. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah tes penyelesaian soal cerita aljabar dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam mengerjakan soal cerita aljabar mengalami beberapa variasi ketidakpahaman yang ditunjukkan dari kesalahan yang dibuatnya, diantaranya yaitu siswa tidak mampu mengubah kalimat cerita pada soal ke model matematika, hal tersebut terjadi karena siswa kurang mengerti maksud dan tujuan dari soal; siswa tidak mampu dalam menyelesaikan perhitungan yang menggunakan sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan atau pengurangan, hal tersebut dikarenakan siswa telah lupa tentang materi tentang perkalian distributif; siswa tidak mampu menghasilkan jawaban akhir yang bernilai benar dikarenakan masih banyak ketidaktelitian siswa dalam menyelesaikan perhitungan yang menggunakan sifat distributif, melakukan penjumlahan dan pengurangan suku-suku sejenis, melakukan pembagian bentuk aljabar, serta melakukan subtitusi suatu nilai pada bentuk aljabar. Kata kunci: ketidakpahaman, penyelesaian soal cerita, aljabar