IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN JENIS KELAMIN

Main Authors: QURROTU AINUN NAAFIDZ, ZULLIFAH, TEGUH BUDIARTO, MEGA
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Matematika UNESA , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/12957
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi enam siswa dari kelas VII-A SMP Negeri 1 Beji diantaranya satu siswa laki-laki dengan kemampuan sedang mendekati tinggi, satu siswa laki-laki dengan kemampuan sedang mendekati rata-rata, satu siswa laki-laki dengan kemampuan sedang mendekati  rendah, satu siswa perempuan dengan kemampuan sedang mendekati tinggi, satu siswa perempuan dengan kemampuan sedang mendekati rata-rata, dan satu siswa perempuan dengan kemampuan sedang mendekati  rendah . Pengambilan data dilakukan dengan pemberian soal tes dan wawancara. Selanjutnya data yang diperoleh akan dianalisis berdasarkan tujuh karakteristik berpikir kritis.Hasil penelitian yang diperoleh bahwa siswa laki-laki dikategorikan lebih unggul dalam berpikir kritis untuk memecahkan masalah matematika dibandingkan dengan siswa perempuan. . Kata Kunci: pemecahan masalah, berpikir kritis,jenis kelamin.