IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN JENIS KELAMIN
Main Authors: | QURROTU AINUN NAAFIDZ, ZULLIFAH, TEGUH BUDIARTO, MEGA |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Matematika UNESA
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/12957 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi enam siswa dari kelas VII-A SMP Negeri 1 Beji diantaranya satu siswa laki-laki dengan kemampuan sedang mendekati tinggi, satu siswa laki-laki dengan kemampuan sedang mendekati rata-rata, satu siswa laki-laki dengan kemampuan sedang mendekati rendah, satu siswa perempuan dengan kemampuan sedang mendekati tinggi, satu siswa perempuan dengan kemampuan sedang mendekati rata-rata, dan satu siswa perempuan dengan kemampuan sedang mendekati rendah . Pengambilan data dilakukan dengan pemberian soal tes dan wawancara. Selanjutnya data yang diperoleh akan dianalisis berdasarkan tujuh karakteristik berpikir kritis.Hasil penelitian yang diperoleh bahwa siswa laki-laki dikategorikan lebih unggul dalam berpikir kritis untuk memecahkan masalah matematika dibandingkan dengan siswa perempuan. . Kata Kunci: pemecahan masalah, berpikir kritis,jenis kelamin.