PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI II BEJI PASURUAN BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA

Main Authors: EKA I, RATNA, Susanah, Susanah
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Matematika UNESA , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1209
Daftar Isi:
  • Seiring perkembangan zaman,perkembangan kemampuan matematika siswasemakin dituntut untuk meningkat. Salah satu carauntuk meningkatkannya adalah denganmengembangkan penalaran siswa. Penalaranproporsional merupakan penalaran yang diperlukansaat mempelajari matematika. Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan penalaranproporsional siswa kelas VII SMP Negeri II BejiPasuruan pada tingkat kemampuan matematikatinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian iniadalah penelitian kualitatif.. Hasil dari penelitian,yaitu pada subjek tingkat kemampuan tinggimampu menjawab dengan benar dan mampumemberikan alasan yang tepat untuk soal yangmelibatkan bilangan pengali bulat maupun pecahan.Sehingga penalaran proporsionalnya tergolongpenalaran multiplikatif. Untuk subjek tingkatkemampuan sedang belum mampu menyelesaikansoal yang menggunakan bilangan pengali pecahan,sehingga penalaran proporsionalnya cenderung kepenalaran pra-multiplikatif. Untuk subjek tingkatkemampuan rendah meskipun ada soal yangdijawab benar tapi setelah diwawancara jawabanyang digunakan cenderung coba-coba. Sehinggapenalaran proporsionalnya tergolong penalarankualitatif.