KEUNGGULAN BERSAING DITINJAU DARI DIFERENSIASI PRODUK, ORIENTASI PASAR, DAN INOVASI PRODUK
Main Authors: | Zulaikha Amin Nurrohmah, Sudarwati, Fithri Setya Marwati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Islam Batik Surakarta
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.uniba.ac.id/index.php/MBS/article/view/601 http://journal.uniba.ac.id/index.php/MBS/article/view/601/386 |
Daftar Isi:
- Various factors can determine a business in achieving successful business implementation and in marketing its products. In general, the purpose of this study is to analyze the competitive advantage of Fajar Indah batik products in Laweyan Surakarta in terms of product differentiation, market orientation, and product innovation. This research is a type of quantitative descriptive research by taking samples from a population using a questionnaire as a tool for data collection. The research population is all customers of Batik Fajar Indah Surakarta with a total sampling technique obtained a sample of 97 research samples during 2021. The data analysis technique used multiple linear regression, F-test, ttest, and coefficient of determination. The results showed that there was an effect of product differentiation on competitive advantage, market orientation on competitive advantage, and product innovation on competitive advantage in Fajar Indah batik in Laweyan Surakarta.
- Berbagai faktor dapat menentukan suatu usaha dalam mencapai keberhasilan pelaksanaan usaha dan dalam memasarkan produknya. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keunggulan bersaing produk batik Fajar Indah di Laweyan Surakarta ditinjau dari diferensiasi produk, orientasi pasar, dan inovasi produk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan Batik Fajar Indah Surakarta dengan teknik total sampling diperoleh sampel sebanyak 97 sampel penelitian selama tahun 2021. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh diferensiasi produk terhadap keunggulan bersaing, orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada batik Fajar Indah di Laweyan Surakarta.