PENGARUH PEMBIASAAN SHOLAT BERJAMAAH, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KEBONAGUNG

Main Author: PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA, DIANA SHALIHAH
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Manajemen Bisnis Syariah , 2017
Online Access: http://journal.uniba.ac.id/index.php/MBS/article/view/235
Daftar Isi:
  • Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan penelitian ini adalah sebagai berikut 1) untuk mengetahui pengaruh pembiasaan sholat berjamaah, motivasi, dan lingkungan sekolah terhadap kedisiplinan siswa MTsN Kebonagung, 2) untuk menganalisis pengaruh pembiasaan sholat berjamaah terhadap kedisiplinan siswa MTsN Kebonagung, 3) untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap kedisiplinan siswa MTsN Kebonagung, 4) untuk menganalisis pengaruh lingkungan sekolah terhadap kedisiplinan siswa MTsN Kebonagung.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTsN Kebonagung, yaitu siswa kelas VII dan VIII dengan responden 60 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji R2, uji F dan ujit.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembiasaan sholat berjamaah, motivasi, dan lingkungan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan siswa MTsN Kebonagung berdasarkan perhitungan uji F bahwa nilai Fhitung 70.383 dengan koefisien determinasi atau R square (R2) bernilai sebesar 0.787 atau 78,7%; 2) pembiasaan sholat berjamaah berpengaruh signifikan positif terhadap kedisiplinan siswa MTsN Kebonagungdengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0.380 dan nilai uji t adalah2.301; 3) motivasi berpengaruh signifikan positif terhadap kedisiplinan siswa MTsN Kebonagung dengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0.333 dan nilai uji t adalah 2.367; 4) lingkungan sekolah berpengaruh signifikan positif terhadap kedisiplinan siswa MTsN Kebonagung dengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0.407 dan nilai uji t adalah 2.209. Kata Kunci: Sholat Berjamaah, Motivasi, Lingkungan Sekolah, Kedisiplinan