THE PEDAGOGICAL IMPLICATIONS OF AN ANALYSIS OF THE INTERPERSONAL MEANINGS AS IDENTIFIED IN JAVANESE WEDDING PRANATACARA GENRE
Main Author: | ., Sukarno |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Online Access: |
http://jurnal.utm.ac.id/index.php/mt/article/view/483 |
Daftar Isi:
- Tuiisan ini berusaha mengungkap implikasi pedagogik ana/isis makna interpersonal yang teridentifikasi dalam genre pranatacara perkawinan Jawa. Data dikumpuJkan dengan merekam dan mentranskripsi sebuah upacara perkawinan yang disebut "Tumplak Punjen" dengan memusatkan perhatian pada bahasa Jawa yang digunakan sang pranatacara. Data tersebut selanjutnya dianalisis berdasarkan struktur generik yang terkandung dalam teks untuk mengungkap tujuan-tujuan komunikatif dan strategi retoris yang terrepresentasikan dalam struktur fonologis, morfologis, dan sintaktis bahasa pranatacara. Hasil penelitian ini secara pedagogis mengimplikasikan bahwa bahasa Jawa yang digunakan oleh pranatacara secara siginifikan berbeda dengan bahasa Jawa sehari-har, baik secara fonologis, morfologis, maupun sintaktis. Pemakaian bahasa Jawa pranatacara juga sangat lferikat secara kultural dan situasional sehingga membentuk genre khusus. Oleh karena itu diper:lukan usaha lebih intensif untuk melestarikan genre ini. Di samping itu, untuk menjadi seseorang pronatacara yang baik seseorang perlu menguasai keterampilan mikro maupun makro, dan sangat dianjurkan mengikuti pe/atihan khusus. Key Words : pedagogical implications, Javanese for Specific Purposes, genre, register