STRATEGI CREATIF PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN

Main Author: Sujarwo, Sujarwo
Other Authors: Yogyakarta State University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MAJALAH ILMIAH PEMBELAJARAN , 2006
Online Access: http://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/7110
http://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/7110/6133
Daftar Isi:
  • Pembelajaran yang menerapkan strategi creatif problem solving,peran pendidik lebih banyak menempatkan diri sebagaifasilitator, motivator dan dinamisator belajar, baik secaraindividual maupun secara berkelompok. Langkah-langkahCreatif problem solving tersebut bila diterapkan dalampembelajaran adalah: I) Penemuan fakta, mengajukanpertanyaan sesuai dengan pokok/sub pokok bahasan. 2)Penemuan masalah, berdasar fakta-fakta yang telah dihimpunditentukan masalah/pertanyaan kreatif untuk dipecahkan. 3)Penemuan gagasan, menjaring sebanyak mungkin alternatifjawaban untuk pemecahan masalah. 4) Penemuan jawaban,penentuan tvlok ukur atas Kriteria pengujian jawaban, sehinggaciitemukan jawaban yang diharapkan. 5) penemuan penerimaan,dikctemukan kebaikan c'an kelemailan gagasan, kemudianmenyimpulkan dari masing-masing masalah yang dibahas.Proses pembelajaran yang memberikan kesempatan secara luaskepada peserta didik merupakan prasyarat bagi peserta didikuntuk berlatih belajar mandiri melalui creatif problem solving.Secara umum dapat dikatakan l>ahwa strategi pembelajaran yangdipergunakan adalah strategi yang banyak melibatkan partisipasipeserta didik dalam pembelajaran, peran fasilitator adalahmembantu peserta didik dalam menciptakan suasana belajar yangkondusif. Kondisi terscbut akan mcmbcrikan kondisi yangnyaman pada peserta didik berpartisipasi dalam pembelajaran.