MEDIA PENDIDIKAN SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN EFEKTIF

Main Author: Hardianto, Deni
Other Authors: Yogyakarta State University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MAJALAH ILMIAH PEMBELAJARAN , 2020
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/5972
https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/5972/5162
Daftar Isi:
  • Belajar merupakan proses penambahan ilmu ,.pengetahuan. Prosesyang menuntut terjadinya interaksi antara pendidik dan pesertadidik dalam situasi belajar. Akan tetapi dalam interaksi ~ belajarmengajar sering berlangsung tidak efektif dan membosankan yangmenyebabkan tujuan belajar tidak dapat tercapai dengan optimal,hal tersebut disebabkan banyak hal diantarannya penataanlingkungan menjadi media yang efektif untuk belajar tidakdidesain dengan baik.Dalam proses belajar mengajar lingkungan perlu dirancang ataudidesain menjadi media pendidikan untuk meinbantu belajar agarproses belajar berjalan dengan efektf. Lingkungan belajar yangdidesain dengan menyenagkan akan dapat membuat belajarberlangsung efektif. Aspek lingkungan yang dijadikan mediabelajar efektif seperti pemberian gambar, pengaturan bangku,pemberian warna, pengunaan alat peraga yang tepat akanmembuat belajar menjadi menyenankan dan efektif.