MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN TEKNIK ADU ARGUMEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK CALON GURU BAHASA INDONESIA
Main Author: | Zulaeha, Ida |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Lingua
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/3236 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan kebutuhan pengembangan model investigasi kelompok dengan teknik adu argumen yang dapat meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru bahasa Indonesia peserta mata kuliah pembelajaran mikro kemudian menghasilkan model perkuliahan pembelajaran mikro yang digunakan sebagai upaya meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru bahasa Indonesia dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran inovatif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain research and development. Kebutuhan pengembangan model mencakup mengimplementasikan tujuan dan karakteristik pembelajaran pada pendidikan menengah, menentukan desain pembelajaran yang tepat, praktik keterampilan dasar mengajar yang kreatif dan inovatif, praktik mengelola kelas besar dan kecil, praktik menyesuaikan pembelajaran dengan lingkungan siswa dan sekolah, praktik mengelola dan mengatasi berbagai persoalan ketika praktik mengajar, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai kriteria. Sintakmatik model investigasi kelompok dengan teknik adu argumen meliputi pemberian masalah, eksplorasi respon, realisasi respon, diskusi dan analisis proses pembelajaran, dan revisi kegiatan.This research is conducted to the aim of describing the development needs of the group investigation model with argument argued technique that can improve pedagogical competence of the students of Indonesian teachers candidates in planning and implementing innovative learning. The research is carried out by applying a research and development design. The model development needs include to implement the objectives and characteristics of learning for secondary education, to determine appropriate instructional design, to practice basic skills in creative and innovative teaching, to practice large and small classes managements, to practice instructional adjustment with student and the school environments, to practice managing and resolving various problems when teaching, and to evaluate learning based on the criteria. Group investigation model syntagmatic with argument argued techniques include giving problem, exploring response, realizing response, discussing and analyzing the learning process, and revising activities.