A STUDY ON THE ABILITY IN WRITING A RECOUNT TEXT BY USING PICTURES OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 2 TAMBAKROMO PATI ACADEMIC YEAR 2012/2013

Main Author: Prasetyanti, Dian Candra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA), Universitas Muhammadiyah Semarang , 2014
Online Access: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/lensa/article/view/1788
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/lensa/article/view/1788/1832
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks recount pada siswa kelas VIII SMPN 2 Tambakromo Pati yang sudah diajari menggunakan media gambar.Penelitian ini dilakukan pada 7-8 Februari 2013 di SMPN 2 Tambakromo Pati. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Tambakromo Pati. Ada 102 siswa dan penulismenggunakan metode purposive. Penulis mengambil 31% dari populasi yaitu 31 siswa dari kelas C yang diharapkan dapat mewakili seluruh populasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah sebuah tes. Para siswadiminta untuk menulis sebuah paragraf teks recount. Elemen dari penulisan yang akan ditelitiadalah isi, susunan, grammar, penggunaan kata dan mekanisme. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan penelitian perpustakaan danpenelitian lapangan. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan persentase penilaian dalam tes para siswa untuk mengetahui kemampuan dalam tes menulis, kemudian penulis juga mengunakan rumus mean/ rata untuk menghitung kemampuan rata-rata semua siswa dalam menguasai penulisan teks recount. Setelah memberikan tes menulis, penulis menyimpulkan bahwa siswa yang mendapatkan nilai A=0 (0%), B= 12 siswa (38,7%), C= 12 siswa (38,7%), D= 6 siswa (19,4%) and E= 1 siswa(3,2%). Penulis juga mendapatkan bahwa kemampuan menulis teks recount para siswa yangmenggunakan gambar adalah 68,67%, kemudian penulis menggunakan referensi criteria penilaian dari Sutrisno Hadi dan penulis mendapatkan hasil bahwa kemampuan menulis teks recount para siswa adalah memuaskan. Untuk menambah kualitas belajar dan pembelajaran bahasa Inggris dan untukmendapatkan hasil yang memuaskan di SMP, penulis menyarankan bahwa para guru bahasa Inggris seharusnya memberikan materi menulis yang tepat, member banyak latihan sebagai pekerjaan rumah, memberikan pelajaran ulangan pada para siswa yang mendapatkan nilai rendah, dan menggunakan bermacam-macam teknik pengajaran yang menyenangkan bagi siswaseperti menggunakan gambar.