Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada Kelas I SDN 001 Bangkinang

Main Author: Aprinawati, Iis
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Semarang , 2017
Subjects:
Online Access: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/10160
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/10160/6692
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Role Playing dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SDN 001 Bangkinang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada SDN 001 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Subjek atau sumber data penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SDN 001 Bangkinang Tahun Pelajaran 2016-2017 yang berjumlah 15 orang siswa, yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 9 anak laki-laki, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Dan rata-rata keterampilan membaca siswa pada siklus I setelah penerapan metode role playing memperoleh nilai sebesar 73,6 dengan kategori “cukup baik”. Selanjutnya rata-rata keterampilan membaca siswa pada siklus II meningkat yaitu 80,6 dengan kategori “Baik”. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar membaca siswa pada pra tindakan yaitu 20% atau 3 orang siswa yang tuntas, pada siklus I persentase ketuntasannya adalah sebesar 60% atau 9 orang siswa yang tuntas, dan pada siklus II persentase ketuntasannya adalah sebesar 93,3% atau 14 orang siswa yang tuntas. Selanjutnya untuk besaran peningkatan hasil belajar membaca siswa dari pra tindakan ke siklus I adalah 40%, dan dari siklus I ke siklus II sebesar 33,3%, sedangkan keterampilan membaca siswa dari pra tindakan ke siklus II secara keseluruhan sebesar 73,3%.This study aims to find out whether Role Playing method can improve the reading skill of first grade students of SDN 001 Bangkinang. This research is a classroom action research conducted at SDN 001 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. The subjects or data sources of this study are all students of class I SDN 001 Bangkinang Lessons Year 2016-2017 which amounted to 15 students, consisting of 6 girls and 9 boys, with the research procedures of planning, action, observation and reflection. Data collection techniques used are the techniques of observation, tests, and documentation. Based on the results of research there is average reading skill of students on pre-research is 53,3 with category "very not good". And the average learning outcomes of reading students in cycle I after the application of the method of playing the playing score of 73.6 with the category "good enough". Furthermore, the average of students' reading skill in the second cycle increased by 80.6 with the category of "Good". Increase the percentage of students' learning achievement completeness in 20% or 3 complete students, in cycle I the percentage of completeness is 60% or 9 students are complete, and in cycle II the percentage of completeness is 93.3% or 14 Complete student. Furthermore, the amount of students 'learning achievement improvement from pre-action to cycle I is 40%, and from cycle I to cycle II is 33.3%.