KEEFEKTIFAN METODE BERPIKIR-BERPASANGAN-BERBAGI BERORIENTASI MULTIKULTUR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA KREATIF PADA SISWA KELAS VII SMP

Main Author: Anas, Arin Rukniati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 2013
Online Access: http://ejournal.upi.edu/index.php/PSPBSI/article/view/431
http://ejournal.upi.edu/index.php/PSPBSI/article/view/431/310
Daftar Isi:
  • Membaca kreatif merupakan salah satu kompetensi membaca yang harus dimiliki oleh siswa multikultur kelas VII SMP. Peneliti menerapkan metode BBB (Berpikir-Berpasangan-Berbagi) dalam pembelajaran membaca kreatif. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui latar belakang siswa multikultur, proses pembelajaran, kefektifan metode BBB, serta respons siswa terhadap pembelajaran. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan dua kelas sebagai sampel penelitian. Terdapat siswayang memiliki latar belakang budaya berbeda di kelas eksperimen dan kelas pembanding yaitu dari Sunda, Jawa, Batak, Padang, Palembang, Kalimantan, Sulawesi, dan Amerika, proses pembelajaran pun mendapat nilai observasi 3,67.Setelah menggunakan metode BBB nilai siswa di kelas ekperimenmeningkat dari nilai 65,36 menjadi 80,27, dan pembelajaran menggunakan metode BBB membuat siswa lebih aktif dan mendapat respons yang baik.Kata kunci: Metode BBB,siswa multikultur, membaca kreatif.