NOUN PHRASE HYPERBOLE ON STEVE JOBS’ SPEECH
Main Authors: | WIJAYA, GUSTAF, , WIDYASTUTI |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Language Horizon
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/language-horizon/article/view/3443 |
Daftar Isi:
- Steve Jobs adalah salah satu pembicara terbaik di dunia. Dia mampu menggunakan hiperbola sebagai salahsatu aspek yang baik dalam pidato-pidatonya. Dari transkrip pidatonya pada tahun 1997, 2005 dan 2008(yang dianggap sebagai pidato – pidato paling berpengaruh yang pernah disampaikan oleh Steve Jobs)dapat dilihat bahwa terdapat berbagai bentuk dan karakteristik hiperbola yang digunakan oleh Steve Jobs.Frasa nomina adalah bentuk frase paling banyak bermakna hiperbole. Steve Jobs cenderung menggunakanphrasa nomina dengan skala arti yang maksimum. Ada beberapa karakteristik hiperbola frasa nomina yangdigunakan pada pidato Steve Jobs. Semakin baru pidato yang diteliti, maka semakin kompleks pula frasanomina hiperbola yang digunakan. Jobs mempromosikan produk-produknya dengan memberikan hiperboladalam menyebutkannya, dia menambahkan kata sifat, kata keterangan atau kombinasi dari keduanya untukmelengkapi phrasa nomina tersebut.Kata Kunci: hiperbola, majas, pidato.AbstractSteve Jobs is one of the best speaker in the world. He is able to use hyperbole as one of good aspects on hisspeech. He uses various form of hyperbole. It makes some characteristics of hyperbole that can be studiedin his speeches. As on his speech in 1997, 2005 and 2008, which are considered as the most influentialspeech of him. In phrasal hyperbole, noun phrase is the most dominant form of phrase which containshyperbole. Steve Jobs tends to use maximum scale of words and phrase in terms of meaning. There areseveral characteristics of hyperbole used on Steve Jobs’ speech, Jobs recently used complex noun phrasehyperbole, he didn’t let his products stand alone. He add adjective, adverb or the combination of them toprecede it.Keywords: Figurative Language, Hyperbole, Speech.