ANALISA KAPASITAS DAN TINGKAT PELAYANAN RUAS JALAN DI KOTA BALIKPAPAN Studi Kasus Jalan Soekarno Hatta-Jalan Projokal (Simpang Tiga)

Main Author: ARJUNA, ARJUNA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KURVA MAHASISWA , 2021
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEK/article/view/5236
http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEK/article/view/5236/4982
Daftar Isi:
  • Kondisi lalu lintas di Kota Balikpapan khusunya di ruas Jalan Soekarno Hatta - Jalan Projokal (Simpang Tiga) saat ini sekalipun belum dikatakan crowded (Padat), namun sudah terjadi kemacetan dan antrian yang lumayan cukup lama dibeberapa jalan yang ada terutama pada jam-jam sibuk (pada jam pergi dan pulang sekolah atau jam berangkat dan pulang kerja). Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan kota serta laju penduduk. Studi yang dilakukan pada penelitian ini bersifat riset dengan tujuan untuk menghitung kapasitas dan tingkat pelayanan jam puncak (peack hour), yaitu dengan cara melakukan survey selama 7 hari (dimulai dari Pagi jam 07.00 – 09.00, Siang jam 12.00 – 14.00 dan Sore jam 16.00 – 18.00) yang mana dari survey ini didapatkan data volume lalu-lintas, hambatan samping serta data geometrik jalan. Dalam pengolahan data dilakukan dengan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dimana derajat kejenuhan (DS) sebagai indikator perilaku lalu-lintas. Berdasarkan analisis perhitungan dengan metode MKJI’97 didapat Kapasitas dan Tingkat Pelayanan jam puncak (peack hour) ruas jalan adalah sebagai berikut: 1. Nilai kapasitas jalan Soekarno Hatta arah Samarinda = 2923,50 smp/jam, jalan Soekarno Hatta arah Balikpapan = 3265,30 smp/jam, jalan Projokal = 2453,25 smp/jam. 2. Tingkat Pelayanan jalan Soekarno Hatta arah Samarinda C (Q/C=0,45), jalan Soekarno Hatta arah Balikpapan C (Q/C=0,50), jalan Projokal B (Q/C=0,38).