PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU METODE NAASRA, METODE AASHTO DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA RUAS JALAN SEMOI SEPAKU – PETUNG KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
Main Author: | GAFURI, MUHAMMAD |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
KURVA MAHASISWA
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEK/article/view/5221 http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEK/article/view/5221/4971 |
Daftar Isi:
- Pada Studi Perbandingan Lapis Perkerasan Kaku dengan Metode NAASRA, dan AASHTO 1993 pada Ruas Jalan Semoi Sepaku – Petung “Penajam Paser Utara” merupakan studi perbandingan dua metode yaitu NAASRA (National Association of Australian State Road Authorities) dan AASHTO 1993 (American Association of State Higway and transportation officials) yang dititik beratkan pada perencanaan lapis perkerasan kaku yang lebih ekonomis. Metode NAASRA yang merupakan metode wujud asli dari metode Bina Marga dimana metode tersebut banyak di gunakan dalam merencanakan lapis perkerasan kaku untuk pembangunan jalan di Indonesia, dan metode AASHTO 1993 adalah metode yang banyak di gunakan untuk merencanakan lapis perkerasan kaku untuk pembangunan jalan di Amerika. Metode AASHTO ini pun di gunakan dalam perencanaan lapis perkerasan kaku untuk pembangunan jalan di Indonesia yang berskala besar. Ini lebih akurat dibandingkan dengan metode NAASRA atau Bina Marga ( seperti pembangunan Jalan bebas hambatan, jalan tol atau jalan – jalan yang sering di lalui oleh kendaraan degan kapasitas beban yang besar ). dalam perencanaannya untuk membandingkan metode mana yang lebih ekonomis dalam perencaan lapis perkerasan kaku untuk jalan sepanjang Satu kilo meter (STA 65+000 s/d STA 66+ 000) maka dalam studi ini menggunakan harga satuan dari lokasi studi pada tahun 2019 dan perbandingan harga yang di dapat dari kedua metode tersebut menggunakan angka prosentase