ANALISA PERBANDINGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN MANUAL DESAIN PERKERASAN PADA RUAS JALAN MALINAU – MENSALONG

Main Author: YADI, DEM
Format: Article info Document eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KURVA MAHASISWA , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEK/article/view/4455
http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEK/article/view/4455/4322
Daftar Isi:
  • Ruas jalan Malinau – Mensalong merupakan jalan provinsi yang menghubungkan beberapa daerah penting di Provinsi Kalimantan Utara. Di 2018 ini ruas jalan tersebut sedang dalam proses perbaikan dikarenakan banyaknya kerusakan pada badan jalan di ruas jalan tersebut, seperti banyaknya bagian aspal – aspal yang sudah terkelupas dan juga berlubang yang membuat pengguna kendaraan bermotor merasa tidak nyaman.Dalam penelitian ini akan dilakukan perbandingan perencanaan tebal perkerasan menggunakan Metode Bina Marga tahun 2013 dengan Manual Desain Perkerasan Jalan Tahun 2013. Dalam penelitian ini, konstruksi jalan di rencanankan menggunakan perkerasan lentur (flexible pavement)Dari hasil perbandingan metode di dapat tebal perkerasan masing – masing. Untuk metode Bina Marga 2013 didapat tebal AC-WC sebesar 14 cm, AC-BC sebesar 7,5 cm, LPA sebesar 10 cm, LPB sebesar 20 cm, sedangkan metode Manual Desain Perkerasan didapat tebal AC-WC sebesar 4 cm, AC-BC sebesar 13,5 cm, CTB sebesar 15 cm, LPA sebesar 15 cm