KAJIAN KINERJA PELAYANAN MODA TRANSPORTASI ONLINE RODA DUA WILAYAH LAYANAN KOTA SAMARINDA
Main Author: | ANTO, ARJI |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
KURVA MAHASISWA
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEK/article/view/3965 http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEK/article/view/3965/3817 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) profil konsumen Ojek Online di Kota Samarinda 2) kualitas pelayanan Ojek Online menurut konsumen di Kota Samarinda 3) apakah kualitas pelayanan dan nilai pelanggan mempengaruhi kepuasan konsumen secara simultan dan parsial 4) sebarapa besar pengaruh Ojek Online terhadap konsumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling dengan kriteria konsumen yang pernah menggunakan layanan Ojek Online di Kota Samarinda . Penelitian ini menggunakan sampel 400 (empat ratus) responden. Teknik pengujian instrumen dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis korelasi, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) mayoritas profil konsumen Ojek Online di Kota Samarinda adalah perempuan, usia 17-24 tahun, pendidikan terakhir SMA / sederajat, dan memiliki pekerjaan sebagai pelajar/mahasiswa dan penggunaan Operation system tipe Android 2) kualitas pelayanan Ojek Online menurut konsumen termasuk dalam kategori tinggi/baik 3) kualitas pelayanan dan nilai pelanggan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen 4) kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, dan memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap kepuasan pelanggan.