Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Ruas Jalan Simpang SP1 Menuju Rimba Ayu Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara

Main Author: PUTRA ASPIAN, AGI
Format: Article info application/zip eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KURVA S JURNAL MAHASISWA , 2015
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEK/article/view/1123
http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEK/article/view/1123/1267
Daftar Isi:
  • Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang banyak digunakan masyarakat dibandingkan dengan transportasi air dan udara, sehingga volume kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut harus mampu di dukung oleh perkerasan jalannya. Perkerasan jalan (pavement) merupakan salah satu unsur penting konstruksi jalan dalam rangka kelancaran transportasi serta memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya. Salah satu jenis perkeraaan jalan adalah perkerasan kaku (rigid pavement) mengingat perkerasan jalan ini lebih mampu mendukung beban kendaraan berat serta tahan terhadap genangan air, disamping perkerasan lentur (flexible pavement).Ruas Jalan Simpang SP1 Menuju Rimba Ayu Kecamatan Kota Bangun, adalah adalah merupakan ruas jalan yang perlu dilakukan peningkatan perkerasan jalannya, karena secara teknis kondisi ruas jalan tersebut dalam kondisi rusak sedang sampai berat sehingga mengurangi kenyamanan dan kelancaran lalu lintas bagi masyarakat pengguna jalan juga perkembangan perekonomian Kota Bangun Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah mengalokasikan dana untuk meningkatkan ruas jalan tersebut dengan menggunakan konstruksi perkeraaan kaku (rigid pavement).Dalam penelitian ini, penulis secara spesifik melakukan penelitian untuk : (1) merencanakan tebal perkerasan kaku (rigid pavement) serta diameter Dowel dan Tie Bar dan (2) menghitung besar biaya pekerjaan tebal perkerasan kaku (rigid pavement) ruas jalan tersebut.