MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN DIFFERENSIAL PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Main Author: ., Zainuddin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Kreatif , 2014
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/view/3124
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/view/3124/2195
ctrlnum article-3124
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN DIFFERENSIAL PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA</title><creator>., Zainuddin</creator><description lang="en-US">Abstrak: Permasalahan mendasar yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Persamaan Differensial? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran Persamaan Differensial melalui model pembelajaran pencapaian konsep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran pencapaian konsep dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Persamaan Differensial yang ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar Persamaan Differensial dalam setiap siklus : (1) Siklus I (rata-rata = 57,38) , dan Siklus II (rata-rata = 61,92),) ; (2) peningkatan jumlah mahasiswa yang bernilai &#x2265; 60 dari Siklus I (52,31 %) ke Siklus II (73,85 %), meskipun target indikator kinerja setiap siklus yaitu 75 % mahasiswa bernilai &#x2265; 60 belum tercapai. &#xA0; Kata-kata kunci: persamaan differensial, pencapaian konsep, matematika &#xA0;</description><publisher lang="en-US">Kreatif</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2014-10-29</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/view/3124</identifier><source lang="en-US">Kreatif; Vol 15, No 1 (2012)</source><language>eng</language><relation>http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/view/3124/2195</relation><recordID>article-3124</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author ., Zainuddin
title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN DIFFERENSIAL PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA
publisher Kreatif
publishDate 2014
url http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/view/3124
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/view/3124/2195
contents Abstrak: Permasalahan mendasar yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Persamaan Differensial? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran Persamaan Differensial melalui model pembelajaran pencapaian konsep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran pencapaian konsep dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Persamaan Differensial yang ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar Persamaan Differensial dalam setiap siklus : (1) Siklus I (rata-rata = 57,38) , dan Siklus II (rata-rata = 61,92),) ; (2) peningkatan jumlah mahasiswa yang bernilai ≥ 60 dari Siklus I (52,31 %) ke Siklus II (73,85 %), meskipun target indikator kinerja setiap siklus yaitu 75 % mahasiswa bernilai ≥ 60 belum tercapai. Kata-kata kunci: persamaan differensial, pencapaian konsep, matematika
id IOS2142.article-3124
institution Universitas Tadulako
institution_id 23
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Tadulako
library_id 604
collection Kreatif
repository_id 2142
city KOTA PALU
province SULAWESI TENGAH
repoId IOS2142
first_indexed 2016-09-22T21:17:24Z
last_indexed 2016-09-22T21:17:24Z
recordtype dc
_version_ 1767091974523846656
score 17.13294