PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR I

Main Authors: ,, Anggraini, Sugita, Gandung
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Kreatif , 2014
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/view/2949
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/view/2949/2027
Daftar Isi:
  • Abstrak : Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu apakah penguasaan mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah struktur Aljabar I dapat ditingkatkan dengan melaksanakan pembelajaran berbantuan tutor sebaya?. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pembelajaran berbantuan tutor sebaya , yakni: Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah Struktur Aljabar I dapat ditingkatkan dengan menerapkan pembelajaran berbantuan tutor sebaya. Peningkatan tersebut ditandai dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang lulus pada siklus I dan II. Kata Kunci: Tutor Sebaya, Penguasaan mahasiswa, Struktur Aljabar I