PEMIKIRAN AZ-ZARNUJI TENTANG AKHLAK: MENGGALI PERAN ORANGTUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERGESERAN NILAI AKHLAK PESERTA DIDIK KOTA JAMBI
Main Author: | Samsu, Samsu; Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
At-Ta`lim
, 2016
|
Online Access: |
http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/attalim/article/view/971 http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/attalim/article/view/971/866 |
Daftar Isi:
- Akhlak merupakan isu yang sangat banyak disorot oleh praktisi pendidikan dan sosial terutama dalam kaitannya dengan pergeseran nilai akhlak peserta didik dan nilai yang dianut oleh masyarakat Indonesia saat ini. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang relevansi pemikiran az- Zarnuji tentang akhlak dan kecenderungan terjadinya pergeseran akhlak peserta didik saat ini. Kerangka konseptual penelitiandikembangkan berdasarkan kriteria nilai-nilai akhlak yang meliputi (1) ibadah kepada Tuhan, (2) kepatuhan kepada orang tua, (3) kepatuhan kepada lingkungan, (4) perkataan dan perbuatan, (5) perbuatan terlarang, tercela dan narkoba.Terdapat 90 orang tua, 30 orang mahasiswa, 30 orang siswa SMA, dan 30 siswa SMP diambil sebagai sampel (total sampling) dalam penelitian ini. Penelitian ini menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif (mixed methods research) dengan data utama berupa data kualitatif. Data dianalisis secara deskriptif lalu dikuantifikasi menggunakan mean, standar deviasi, dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, penelitian membuktikan bahwa peran orangtua terhadap pergeseran nilai-nilai akhlak peserta didik di Kota Jambi berada pada tahap sedang (min=2.71), sedangkan pergeseran nilai-nilai akhlak peserta didik yang terjadi juga berada pada tahap sedang (min=2,74).Hal ini dibuktikan denganpengaruh peran orangtua terhadap pergeseran akhlak peserta didik (mahasiswa) di Kota Jambi adalah berada pada tahap signifikan dan korelasi menunjukkan arah yang positif (r = 0.39, ρ> 0.05), bagi peserta didik (pelajar SMA) di Kota Jambi adalah juga berada pada tahap signifikan, meskipun arah korelasi menunjukkan arah yang negatif (r = 0.06, ρ> 0.05), sedangkan peserta didik (pelajar SMP) di Kota Jambi adalah berada pada tahap signifikan dan korelasi menunjukkan arah yang positif (r = 0.38, ρ> 0.05). Karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengaruh peran oranggtua terhadap kemungkinan terjadinya pergeseran akhlak peserta didik di Kota Jambi berada pada tahap signifikan.