MODEL BARU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: SEBUAH KAJIAN KOMPARATIF

Main Author: Nugroho, Aris Dwi; IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Al-Fikrah , 2016
Online Access: http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/alfikrah/article/view/815
http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/alfikrah/article/view/815/745
Daftar Isi:
  • Di era globalisasi seperti sekarang ini, pendidikan Islam semakin mendapat tantangan yang begitu berat. Selain dituntut untuk memberikan konstribusi bagikemoderenan dan tendensi globalisasi, dituntut pula untuk dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan manusia yang mampu bersaing dalam percaturan globalisasi, namun tetap berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.Dengan demikian merupakan suatu keharusan pendidikan Islam dituntut menyusun langkah-langkah perubahan yang mendasar dan mencari model pendidikan alternatif yang inovatif. Berdasarkan pemaparan tersebut di atas, penelitian ini dilakukan bermaksud untuk menemukan model baru lembaga pendidikan Islam. Kata Kunci: Model pendidikan, holistik, multi intelegence, karakter tauhid.