ISLAMISASI PENGETAHUAN DI FAKULTAS TARBIYAH IAIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

Main Author: Gusmira, Eva; IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Al-Fikrah , 2016
Online Access: http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/alfikrah/article/view/810
http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/alfikrah/article/view/810/740
Daftar Isi:
  • Integralisasi ilmu sebenarnya telah diperkenalkan oleh banyak ahli. Misalnya oleh Ismail Raji al-Faruqiy (Islamization of Knowledge: General Principle and Workplan), Ziauddin Sardar (Islamic Future: The Shape of Deas to Come). Djamaluddin Ancok dan Nashori (Psikologi Islami, Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi), Kuntowijoyo dengan konsep “demistifikasi”nya, dan lain-lain. Struktur Kurikulum Fakultas Tarbiyah pada dasarnya telah cukup membekali mahasiswa melakukan proses integralisasi ilmu. Meskipun demikian, output yang dihasilkan oleh mahasiswa melalui karya-karya masih jauh dari integritas ilmu dimaksud. Penelitian ini mendeskripsikan upaya integralisasi ilmu yang dilakukan oleh pengelola Fakultas Tarbiyah, dosen serta mahasiswa Fakultas Tarbiyah. Upaya yang dilakukan Pengelola Fakultas Tarbiyah terkandung dalam Rencana Strategis (Renstra) Fakultas yang merupakan realisasi visi misi Fakultas Tarbiyah. Integralisasi ilmu yang dilakukan oleh dosen seharusnya dapat dilihat pada perkuliahan, pembuatan SAP oleh dosen, ujian komprehensif dan ujian skripsi (munaqasah). Upaya integralisasi ilmu yang dilakukan mahasiswa juga berkaitan dalam perkuliahan, ujian komprehensif dan ujian skripsi (munaqasah). Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dan didapat peneliti. Upaya –upaya integralisasi di Fakultas Tarbiyah pada dasarnya tidak terealisasi dengan baik. Upaya yang dilakukan pihak pengelola fakultas terbatas hanya dalam Renstra sementara evaluasi dari penerapan Renstra tersebut tidak ada. Demikian juga upaya yang dilakukan dosen tidak terlihat baik dalam perkuliahan, SAP, ujian komprehensif dan ujian munaqosah. Integralisasi yang dilakukan mahasiswa juga tidak ada, hal ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pengkaitan “ilmu” dan “agama” yang diajukan penguji baik dalam ujian komprehensif maupun ujian skripsi tidak terjawab dengan baik, juga tidak terdapat pengkaitan tersebut dalam skripsi yang dibuat mahasiswa. Kata Kunci : Integralisasi Ilmu, Pengelola Fakultas, Dosen, Mahasiswa.