TEORI PENDIDIKAN KELUARGA DAN TANGUNG JAWAB ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Main Author: | Jailani, M. Syahran; IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Al-Fikrah
, 2016
|
Online Access: |
http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/alfikrah/article/view/804 http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/alfikrah/article/view/804/734 |
Daftar Isi:
- Lingkungan keluarga adalah tempat (media) yang utama seoranganak memperoleh pendidikan. Ayah dan Ibu sebagai anggota keluarga menjadi pilar pendidik pertama dalam proses perkembangan kehidupan anak. Orang tua tidak sekedar membangun silaturahmi dan melakukan berbagai tujuan berkeluarga: seperti tujuan reproduksi, meneruskan keturunan, dan menjalin kasih sayang. Lebih utama, tugas keluarga adalah menciptakan bangunan dan suasana proses pendidikan keluarga sehingga melahirkan generasi yang cerdas, berakhlak mulia sebagai pondasi dasar yang kokoh dalam menapaki kehidupan dan perjalanan anak manusia.Kenyataan tersebut ditopang temuan teori-teori yang mendukung pentingnya pendidikana keluarga sebagai pondasi awal pendidikan anak-anak. Kata Kunci: Keluarga, Pendidikan dan Anak Usia Dini.