TEORI PENDIDIKAN KELUARGA DAN TANGUNG JAWAB ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Main Author: Jailani, M. Syahran; IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Al-Fikrah , 2016
Online Access: http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/alfikrah/article/view/804
http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/alfikrah/article/view/804/734
Daftar Isi:
  • Lingkungan keluarga adalah tempat (media) yang utama seoranganak memperoleh pendidikan. Ayah dan Ibu sebagai anggota keluarga menjadi pilar pendidik pertama dalam proses perkembangan kehidupan anak. Orang tua tidak sekedar membangun silaturahmi dan melakukan berbagai tujuan berkeluarga: seperti tujuan reproduksi, meneruskan keturunan, dan menjalin kasih sayang. Lebih utama, tugas keluarga adalah menciptakan bangunan dan suasana proses pendidikan keluarga sehingga melahirkan generasi yang cerdas, berakhlak mulia sebagai pondasi dasar yang kokoh dalam menapaki kehidupan dan perjalanan anak manusia.Kenyataan tersebut ditopang temuan teori-teori yang mendukung pentingnya pendidikana keluarga sebagai pondasi awal pendidikan anak-anak. Kata Kunci: Keluarga, Pendidikan dan Anak Usia Dini.